Dua Kapal Perang Inggris Bayangi Armada Kapal Induk Rusia

Jum'at, 21 Oktober 2016 - 00:11 WIB
Dua Kapal Perang Inggris Bayangi Armada Kapal Induk Rusia
Dua Kapal Perang Inggris Bayangi Armada Kapal Induk Rusia
A A A
LONDON - Dua kapal perang Inggris membayangi armada kapal induk Rusia Admiral Kuznetsov saat melewati Laut Utara ke Selat Inggris, hari Kamis (20/10/2016). Armada kapal induk Rusia itu sedang dalam perjalanan ke Laut Mediterania untuk misi operasi militer di Suriah.

Kedua kapal perang Inggris yang dikerahkan untuk membayangi pergerakan armada kapal induk Rusia adalah kapal HMS Duncan dan kapal HMS Richmond. Pesawat mata-mata C130 Hercules dan pesawat jet Typhoon juga dilaporkan pada kondisi siaga.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan gerak-gerik armada kapal induk Rusia akan ditandai untuk setiap langkah yang mendekati perairan Inggris. Namun, NATO sudah menegaskan bahwa Rusia memiliki hak untuk beroperasi di perairan internasional.

Perjalanan armada kapal induk Admiral Kuznetsov berlangsung di tengah ketegangan antara Rusia dan NATO. ”Kami akan memantau sebagai bagian dari komitmen teguh kami untuk menjaga Inggris aman,” kata Menteri Pertahanan Inggris, Michael Fallon, seperti dikutip BBC.

”Mereka berada di Laut Utara dan mereka tidak akan berbelok ke barat sekarang. Mereka akan pergi melalui Selat (Inggris). Sulit untuk mengatakan itu kapan,” imbuh pihak militer Inggris melalui seorang juru bicara.

Kapal Admiral Kuznetsov ditugaskan pada tahun 1990 dan tercatat sebagi kapal induk terbesar Rusia. Diawaki oleh 1.960 personil angkatan laut, kapal raksasa tersebut memiliki rudal jelajah anti-kapal Granit dan serta sistem senjata Blade dan Chestnut. Kapal ini mampu mengangkut lebih dari 50 pesawat tempur.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3801 seconds (0.1#10.140)