Ketegangan Meningkat, China Bakal Gelar Latihan Perang di Laut Jepang

Sabtu, 20 Agustus 2016 - 05:17 WIB
Ketegangan Meningkat, China Bakal Gelar Latihan Perang di Laut Jepang
Ketegangan Meningkat, China Bakal Gelar Latihan Perang di Laut Jepang
A A A
BEIJING - Ketegangan antara China dan Jepang di Laut China Timur terkait sengketa kepulauan Senkaku semakin meninggi. Terbaru, Negeri Tirai Bambu dikabarkan akan melakukan latihan perang di Laut Jepang.

"Latihan perang yang melatih serangan presisi terhadap kekuatan maritim musuh akan dilakukan bersama-sama oleh kapal perang dan kekuatan penerbangan angkatan laut dalam sebuah latihan konfrontasi," begitu bunyi laporan dari kantor berita milik China, People’s Liberation Army Daily.

"Latihan dilakukan jauh di perairan internasional umum di kalangan angkatan laut di dunia, dan tahun ini angkatan laut kami telah melakukan banyak latihan di Pasifik Barat jauh," sambung laporan itu seperti dikutip dari Sputniknews, Sabtu (20/8/2016).

Namun media itu menyatakan jika latihan perang tersebut tidak ditujukan kepada suatu negara tertentu. "Latihan ini merupakan bagian dari latihan tahunan dan tidak ditujukan untuk negara tertentu, wilayah atau target, dan selaras dengan hukum dan praktek internasional," kata laporan tersebut.

Dalam beberapa pekan terakhir, China dan Jepang terlibat ketegangan terkait sengketa rantai pulau yang berada di Laut China Timur itu. Sebelumnya, Jepang mengumumkan rencana untuk memasang sistem rudal darat ke laut di titik sebelah selatan prefektur Okinawa.

Baca juga:
Bersitegang dengan China, Jepang Bakal Sebar Rudal
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5344 seconds (0.1#10.140)