China: Sengketa LCT Harus Diselesaikan Melalui Diplomasi

Selasa, 09 Agustus 2016 - 10:29 WIB
China: Sengketa LCT Harus Diselesaikan Melalui Diplomasi
China: Sengketa LCT Harus Diselesaikan Melalui Diplomasi
A A A
TOKYO - Duta besar China untuk Jepang mengatakan kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) Jepang bahwa pulau-pulau di Laut China Timur (LCT), yang diklaim oleh kedua negara, merupakan bagian integral dari wilayah China. Ia juga mengatakan bahwa kedua negara harus menyelesaikan permasalahan tersebut melalui diplomasi dan dialog.

"Saya mengatakan kepadanya bahwa pulau Diaoyudao merupakan bagian integral dari wilayah China dan bahwa adalah wajar jika kapal-kapal China melakukan kegiatan di perairan tersebut," kata Cheng Yonghua setelah bertemu dengan Menlu Jepang Fumio Kishida, dilansir dari Reuters, Selasa (9/8/2016).

China dan Jepang terlibat perseteruan terkait hak atas kepulauan Senkaku atau Diaoyudao dan perairan sekitarnya. Ketegangan kedua negara melonjak pasca Pengadilan Arbitrase Internasional menolak klaim China atas Laut China Selatan.

Terakhir, Jepang mengkonfirmasi peningkatan jumlah kapal pemerintah China yang berlayar di dekat pulau yang disengketakan tersebut selama beberapa hari terakhir. Kemlu Jepang menyebut insiden yang menimbulkan ketegangan itu tidak bisa diterima.

Selain itu Jepang juga menemukan radar permukaan Cina pada sarana pengeboran gas di perbatasan tenggara dari wilayah tersebut, yang dikatakan dirancang untuk mendeteksi kapal.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3821 seconds (0.1#10.140)