Tangkal Serangan Drone, ISIS Gunakan Perisai Manusia

Jum'at, 20 November 2015 - 16:08 WIB
Tangkal Serangan Drone, ISIS Gunakan Perisai Manusia
Tangkal Serangan Drone, ISIS Gunakan Perisai Manusia
A A A
LONDON - Anggota kelompok ekstrimis ISIS di Irak dan Suriah mempunyai strategi baru untuk menghindari serangan drone. Mereka menggunakan perisai manusia. Angggota ISIS dengan sengaja mengajak perempuan dan anak-anak setiap bepergian.

Dikutip dari Daily Mail, Jumat (20/11/2015), ISIS berhasil mengeksploitasi aturan perang yang tidak memperbolehkan membunuh wanita dan anak-anak. Mereka sengaja mengajak anak-anak dan perempuan untuk bergerak di keramaian, sehingga pilot angkatan udara Inggris, RAF, yang mengendalikan drone tidak bisa menyerang mereka.

Taktik ini digunakan oleh anggota ISIS yang masuk dalam daftar target serangan drone Inggris. Alhasil, dengan taktik ini, para personil RAF dipaksa untuk menunggu kesempatan yang pas untuk menyerang. Hingga saat itu tiba, personel RAF hanya bisa memata-matai dan mengamati target. (Baca juga: Inggris Punya Daftar Anggota ISIS yang Akan Dihabisi)

Hal inilah yang terjadi pada Jihadi John, buruan nomor satu Inggris. Berkat pengamatan selama berbulan-bulan yang dilakukan RAF, drone milik Amerika Serikat berhasil membunuh sang algojo ISIS tersebut.

Inggris sendiri telah memindahkan seluruh 10 armada Reapers mereka ke Timur Tengah, dimana mereka telah terbang ribuan jam untuk memata-matai dan menyerang sejumlah fasilitas milik ISIS di Irak dan Suriah.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5313 seconds (0.1#10.140)