Profil Andres Centino, Jenderal Pensiun yang Dilantik Presiden Filipina Jadi Kepala Staf Angkatan Bersenjata

Selasa, 10 Januari 2023 - 16:46 WIB
loading...
Profil Andres Centino, Jenderal Pensiun yang Dilantik Presiden Filipina Jadi Kepala Staf Angkatan Bersenjata
Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr melantik Letnan Jenderal Andres Castor Centino sebagai Kepala Staf Angkatan Bersenjata pada Januari 2023. Foto/headtopics.com
A A A
MANILA - Letnan Jenderal Andres Castor Centino merupakan Kepala Staf Angkatan Bersenjata yang dilantik Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr pada Januari 2023.

Diketahui, Marcos Jr mempersingkat masa jabatan kepala staf angkatan bersenjata yang baru ia tunjuk, yaitu Letnan Jenderal Bartolome Bacarro, dan menggantikannya dengan Letnan Jenderal Andres Centino.

Upacara pergantian dipimpin Sekretaris Eksekutif Lucas Bersamin di Camp Aguinaldo, Sabtu (7/1/2023).

Pada upacara tersebut, Centino berterima kasih kepada Presiden Filipina atas kepercayaan, keyakinan dan penunjukannya sebagai kepala Staf Angkatan Bersenjata Filipina yang baru.



Centino merupakan lulusan Akademi Militer Filipina dengan predikat cum laude pada 1988. Kemudian, ia mendapat gelar master Manajemen Bisnis dari Universitas Filipina.

Selain itu, ia juga meraih gelar master Strategi Sumber Daya Nasional dari Universitas Pertahanan Nasional di Washington DC. Centino juga mempunyai sertifikat program Ekonomi Bisnis Strategis dari University of Asia and The Pacific.

Sebelumnya, Centino juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Bersenjata Filipina, yakni pada periode 12 November 2021-8 Agustus 2022.

Sebagai Kepala Staf Angkatan Bersenjata, ia menerapkan empat dorongan utama, yaitu efisiensi operasional, pengoptimalan sumber daya, profesionalisme dan meritokrasi organisasi serta pengembangan kemampuan.

Di bawah kepemimpinannya, Angkatan Bersenjata Filipina meluncurkan kampanye militer guna memerangi pemberontak dan kelompok teroris lokal.

Centino juga mendorong penyelesaian proyek sebagai bagian dari modernisasi Angkatan Bersenjata Filipina.

Sejumlah jabatan pernah diembannya, seperti Panglima Angkatan Darat Filipina periode 14 Mei-10 Desember 2021.

Komandan Divisi Infanteri ke-4, Wakil Kepala Staf Operasi, Organisasi dan Pelatihan J3, serta Komandan Brigade Infanteri 401.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)