Seorang Kardinal Ungkap Rencana Rahasia Gulingkan Paus Fransiskus

Selasa, 10 Januari 2023 - 15:46 WIB
loading...
Seorang Kardinal Ungkap Rencana Rahasia Gulingkan Paus Fransiskus
Paus Fransiskus memimpin Misa Malam Natal di Basilika Santo Petrus, Vatikan, 24 Desember 2020. Foto/Vincenzo Pinto/REUTERS
A A A
ROMA - Menyusul kematian Paus Benediktus XVI, sekelompok kardinal di Vatikan telah memulai proyek untuk menekan Paus Fransiskus yang menjabat untuk mengundurkan diri.

Tudingan itu diungkapkan seorang kardinal yang tidak disebutkan namanya kepada La Stampa yang berbasis di Turin.

Pengungkapan plot (rencana) yang diduga rahasia ini telah diungkap media lain, terutama beberapa tabloid di Inggris.

The Express dan Daily Mail menerbitkan versi cerita mereka pada Senin (9/1/2023), mengacu pada artikel yang muncul di La Stampa sehari sebelumnya.



Keduanya menampilkan kutipan dari seorang kardinal anonim, dikatakan orang Italia, bahwa rencana itu akan terungkap sepanjang “berbagai sumbu dan fase” tetapi dengan satu-satunya tujuan menempatkan kepausan “di bawah tekanan sedemikian rupa sehingga Fransiskus harus mengundurkan diri.”

“Para komplotan adalah minoritas saat ini, jadi mereka perlu waktu untuk melemahkan Paus Fransiskus dan memenangkan hati para kardinal lainnya,” ungkap sumber itu.

Kampanye mereka konon akan berfokus pada “pilihan doktrinal” Paus yang telah menimbulkan ketidakpuasan di antara umat Katolik yang lebih konservatif, terutama mengenai homoseksualitas, aborsi dan perceraian, serta kesehatannya yang menurun.

Fransiskus (86) telah menjalani beberapa operasi selama setahun terakhir dan terkadang harus menggunakan kursi roda untuk bergerak.

Pendahulunya Benediktus XVI mengambil langkah yang tidak biasa dengan mengundurkan diri pada Februari 2013, dengan alasan usia lanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)