Meksiko Tangkap Putra Raja Narkoba Terkenal El Chapo

Jum'at, 06 Januari 2023 - 09:32 WIB
loading...
A A A
Ovidio Guzman dan salah satu saudara laki-lakinya dituduh mengawasi hampir selusin laboratorium metamfetamin di Sinaloa serta bersekongkol untuk mendistribusikan kokain dan mariyuana. Hal itu dipaparkan Departemen Luar Negeri AS.



Dia, lanjut departemen tersebut, juga diduga memerintahkan pembunuhan informan, pengedar narkoba dan penyanyi Meksiko yang menolak bernyanyi di pernikahannya.

Sebelumnya Gagal Ditangkap

Ovidio Guzman pernah ditangkap sebentar sebelumnya pada tahun 2019, tetapi pasukan keamanan membebaskannya setelah kartel Sinaloa melancarkan perang habis-habisan sebagai tanggapan.

Beberapa orang tewas pada kesempatan itu di ibu kota negara bagian Sinaloa, Culiacan, ketika orang-orang bersenjata melancarkan serangan senapan mesin besar-besaran, membuat jalan-jalan dipenuhi kendaraan yang terbakar.

Pembebasannya memicu kecaman tajam terhadap Lopez Obrador, yang mengatakan keputusan itu dibuat untuk melindungi nyawa warga sipil.

Pemerintah negara bagian Sinaloa mendesak orang untuk tinggal di rumah pada hari Kamis setelah penangkapan Ovidio.

Lopez Obrador telah berjuang untuk mengekang kekerasan brutal yang melanda Meksiko sejak menjabat pada 2018.

Dia memperjuangkan strategi "pelukan bukan peluru" untuk mengatasi kejahatan kekerasan pada akarnya dengan memerangi kemiskinan dan ketidaksetaraan dengan program sosial, bukan dengan tentara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)