Meksiko Tangkap Putra Raja Narkoba Terkenal El Chapo

Jum'at, 06 Januari 2023 - 09:32 WIB
loading...
Meksiko Tangkap Putra Raja Narkoba Terkenal El Chapo
Pasukan keamanan Meksiko menangkap Ovidio Guzman, putra raja narkoba terkenal Joaquin El Chapo Guzman. Foto/TV Pemerintah Meksiko/Handout via REUTERS
A A A
CULIACAN - Pasukan keamanan Meksiko menangkap Ovidio Guzman, putra raja narkoba terkenal yang dipenjara di Amerika Serikat (AS); Joaquin "El Chapo" Guzman .

Penangkapan Ovidio membuat pasukan Meksiko mencetak kemenangan profil tinggi dalam perang melawan kartel narkoba yang kuat di negara itu.

Penangkapan tersebut berlangsung hari Kamis atau beberapa hari sebelum kunjungan Presiden Amerika Serikat Joe Biden ke Meksiko.

Ovidio Guzman, yang ditangkap di kota barat laut Culiacan, dituduh memimpin faksi kartel Sinaloa milik ayahnya. Demikian disampaikan Menteri Pertahanan Meksiko Luis Cresencio Sandoval kepada wartawan, seperti dikutip AFP, Jumat (6/1/2023).



Ovidio, pria berusia 32 tahun yang dijuluki "El Raton [Si Tikus]", diduga membantu menjalankan operasi penyelundupan narkoba ayahnya sejak El Chapo diekstradisi ke Amerika Serikat pada 2017.

Amerika Serikat telah menawarkan hadiah hingga USD5 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapan Ovidio Guzman, menuduhnya sebagai pemain kunci dalam kartel Sinaloa.

Penangkapannya—yang mengakibatkan tembakan dan mobil dibakar di Culiacan—terjadi ketika Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador bersiap untuk menyambut Biden minggu depan untuk pertemuan puncak para pemimpin Amerika Utara di mana keamanan diharapkan menjadi agenda utama.

El Chapo sedang menjalani hukuman penjara seumur hidup di Amerika Serikat karena memperdagangkan ratusan ton narkoba ke AS selama 25 tahun.

Namun kartelnya tetap menjadi salah satu yang terkuat di Meksiko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2018 seconds (0.1#10.140)