6 Kota di AS Bisa Jadi Target Serangan Nuklir tapi Tak Ada yang Siap

Senin, 02 Januari 2023 - 12:10 WIB
loading...
A A A
"Negara bagian New York memiliki 40.000 tempat tidur rumah sakit, hampir semuanya terisi sepanjang waktu," ungkap Redlener.

Dia juga menyatakan kekhawatiran tentang apa yang mungkin terjadi pada responden darurat yang mencoba membantu.

"Apakah kita benar-benar akan memerintahkan pasukan Garda Nasional atau tentara AS untuk pergi ke zona yang sangat tinggi level radioaktifnya? Apakah kita akan meminta supir bus masuk dan menjemput orang untuk membawa mereka ke tempat yang aman?" ujar dia.

"Setiap respons strategis atau taktis penuh dengan kekurangan," ujar dia.

Kota-kota Besar Tidak Punya Tempat Berlindung

Pada tahun 1961, sekitar puncak Perang Dingin, AS meluncurkan Program Community Fallout Shelter, yang menetapkan tempat aman untuk bersembunyi setelah serangan nuklir di kota-kota di seluruh negeri.

Sebagian besar tempat berlindung berada di lantai atas bangunan bertingkat tinggi, jadi itu dimaksudkan untuk melindungi orang hanya dari radiasi dan bukan dari ledakan itu sendiri.

Kota bertanggung jawab memenuhi tempat penampungan itu dengan makanan dan sanitasi serta persediaan medis yang dibayar pemerintah federal.

Pada saat dana untuk program tersebut habis pada tahun 1970-an, Kota New York telah menetapkan 18.000 tempat perlindungan untuk melindungi hingga 11 juta orang.

Pada 2017, pejabat Kota New York mulai menghapus tanda kuning yang menandai tempat penampungan ini untuk menghindari kesalahpahaman bahwa mereka masih aktif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)