Legenda Jurnalis TV Amerika Barbara Walters Meninggal pada Usia 93 Tahun

Sabtu, 31 Desember 2022 - 15:47 WIB
loading...
A A A
Karier jurnalisnya dimulai dengan sungguh-sungguh pada tahun 1961 ketika dia bergabung dengan acara berita dan hiburan "Today" di NBC.

Walters menjadi perempuan pertama yang membawakan program berita malam AS ketika dia bergabung dengan "ABC Evening News" pada tahun 1976, mendapatkan gaji USD1 juta setahun yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Tiga tahun kemudian, dia ditunjuk sebagai co-host dari program majalah berita "20/20", memulai perjalanan yang berlangsung lebih dari dua dekade.

Sebelum meninggalkan televisi, Walters telah mewawancarai setiap Presiden dan Ibu Negara AS sejak Richard Nixon.

Rekan pembawa beritanya di "ABC Evening News" adalah Harry Reasoner, yang nyaris tidak menyembunyikan ketidaksenangannya karena bekerja di sampingnya. Dia meninggal pada tahun 1991 pada usia 68 tahun.

Daftar panjang orang yang diwawancarai Walters termasuk para pemimpin politik seperti Boris Yeltsin, Margaret Thatcher, Indira Gandhi, Saddam Hussein dan Vladimir Putin, dan selebriti "daftar A" seperti Michael Jackson, Angelina Jolie dan Harrison Ford.

"Dia melakukan beberapa hal penting yang akan tercatat dalam sejarah pertelevisian, termasuk untuk membantu masuk ke jaringan jurnalisme siaran 'the old boys' di Amerika Serikat," kata cendekiawan media Robert Thompson di Universitas Syracuse, New York, kepada AFP pada tahun 2014.

Walters lahir di Boston dan lulus dari Sarah Lawrence College di New York pada tahun 1953 dengan gelar bahasa Inggris.

Dia sempat bekerja sebagai sekretaris, kemudian sebagai penulis di NBC, akhirnya menjadi pembawa berita perempuan pertama di jaringan tersebut pada tahun 1974, menjadi pembawa acara bersama program acara "Today" pagi. Dua tahun kemudian, dia bergabung dengan ABC.

Walters menikah empat kali dengan tiga pria, salah satunya dua kali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)