Ini Daftar Lengkap Tuntutan Rusia dan Ukraina untuk Akhiri Perang

Rabu, 28 Desember 2022 - 00:53 WIB
loading...
A A A
Tuntutan Ukraina

Ketika Kuleba berbicara dengan AP tentang kemungkinan pertemuan puncak perdamaian, dia menyarankan agar Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dapat menengahi proses tersebut. Namun dia juga mengatakan Rusia akan diundang hanya jika menghadapi tuntutan kejahatan perang di pengadilan internasional, yang semuanya menjamin Kremlin tidak akan berpartisipasi dalam pertemuan puncak semacam itu.

1. Rusia Menarik Semua Pasukan dari Ukraina

Sebagai syarat utama untuk perdamaian, Zelensky telah meminta Putin untuk memulangkan pasukannya. Berbicara kepada para pemimpin dari negara Kelompok Tujuh awal bulan ini, Zelensky mengatakan perdamaian akan dimulai dengan Putin menarik pasukan dari Ukraina.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menanggapi dengan mengatakan kepada wartawan bahwa kondisi Zelensky hanya akan menghasilkan "kelanjutan permusuhan."

Lawrence Reardon, seorang profesor ilmu politik di University of New Hampshire, mengatakan kepada Newsweek bahwa Zelensky telah mengambil langkah-langkah untuk menopang dukungan untuk penarikan Rusia.

"Presiden Zelensky telah berusaha untuk mengkonsolidasikan dukungan material dan moral NATO untuk mencapai tujuan Ukraina mengusir semua penjajah Rusia dari tanah Ukraina," kata Reardon.

2. Rusia Harus Dihukum

"Sebuah kejahatan telah dilakukan terhadap Ukraina, dan kami menuntut hukuman," kata Zelensky dalam pesan video bulan September yang diputar di Majelis Umum PBB di New York.

Pemimpin Ukraina itu telah berkali-kali meminta Rusia untuk menghadapi beberapa bentuk hukuman atas perang, melalui sanksi lebih lanjut dan dengan PBB mencabut Moskow dari peran kuatnya sebagai anggota tetap Dewan Keamanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)