Ini Daftar Lengkap Tuntutan Rusia dan Ukraina untuk Akhiri Perang

Rabu, 28 Desember 2022 - 00:53 WIB
loading...
Ini Daftar Lengkap Tuntutan Rusia dan Ukraina untuk Akhiri Perang
Rusia dan Ukraina memiliki daftar tuntutan untuk mengakhiri perang. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
MOSKOW - Perang Rusia dan Ukraina telah memasuki bulan ke sepuluh sejak Presiden Vladimir Putin memerintahkan pasukannya untuk menginvasi negara tetangganya itu. Sejak itu, langkah-langkah perdamaian untuk mengakhiri konflik telah berlangsung namun berujung pada kegagalan.

Kini, baik Rusia maupun Ukraina tampak sedikit melunak dan telah memberikan kode untuk mengakhiri konflik.

Pertama, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa dia siap untuk merundingkan beberapa hasil yang dapat diterima dengan semua peserta dari proses perdamaian ini.

"Bukan kami yang menolak pembicaraan, tapi mereka," ujarnya.

Pada hari Senin, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba berbicara dengan Associated Press tentang harapan mengadakan pertemuan puncak perdamaian pada bulan Februari, dengan tujuan mengakhiri serangan Rusia yang sedang berlangsung di negaranya.

"Setiap perang berakhir dengan cara diplomatis," katanya. "Setiap perang berakhir sebagai akibat dari tindakan yang diambil di medan perang dan di meja perundingan," imbuhnya.

Namun, mengingat pernyataan yang dibuat oleh Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tentang persyaratan yang diperlukan bagi mereka untuk menerima kesepakatan damai, kemungkinan perang akan segera berakhir tampaknya tidak mungkin.



Berikut adalah daftar tuntutan dari keduanya seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (28/12/2022).

Tuntutan Rusia

Sementara Kremlin mungkin membuka pintu untuk negosiasi, serangan terhadap Ukraina belum berhenti. Wawancara Putin pada Minggu kemarin dilakukan saat pasukannya melepaskan serangan ke kota Kramatorsk dan Avdiivka, dan peringatan serangan udara di seluruh negeri di Ukraina dibunyikan dua kali pada siang hari.

Pada hari Selasa, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menjelaskan lebih rinci tentang kondisi yang dianggap perlu oleh Rusia untuk perdamaian. Ukraina harus menyerah atau perang akan berlanjut, katanya.

1. Denazifikasi dan Demiliterisasi

Berbicara dengan kantor berita pemerintah Tass, Lavrov mengulangi klaim yang belum terbukti yang dibuat Rusia sejak awal invasinya: bahwa bagian dari alasan perangnya adalah untuk melawan proliferasi neo-Nazisme di Ukraina. Dia kembali menyerukan kondisi samar "denazifikasi dan demiliterisasi".

2. Ukraina Harus Menyerahkan Wilayah yang Dianeksasi Rusia

Mungkin kondisi perdamaian utama bagi Rusia adalah memegang kendali atas empat wilayah Ukraina yaitu Kherson, Zaporizhzhia, Donetsk, dan Luhansk, yang secara resmi dianeksasi Putin pada bulan September.

Aneksasi terjadi meskipun Rusia tidak memiliki kendali penuh atas wilayah tersebut, dan militer Rusia sejak itu kehilangan kendali atas beberapa bagian wilayah tersebut.

"Proposal kami untuk demiliterisasi dan de-Nazifikasi wilayah yang dikendalikan oleh rezim (Ukraina), penghapusan ancaman terhadap keamanan Rusia yang berasal dari sana, termasuk tanah baru kami, sudah diketahui musuh," kata Lavrov kepada Tass saat berdiskusi kemungkinan negosiasi damai.

"Intinya sederhana: Penuhi mereka untuk kebaikan Anda sendiri. Jika tidak, masalah ini akan diputuskan oleh tentara Rusia," ia melanjutkan.



Tuntutan Ukraina

Ketika Kuleba berbicara dengan AP tentang kemungkinan pertemuan puncak perdamaian, dia menyarankan agar Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dapat menengahi proses tersebut. Namun dia juga mengatakan Rusia akan diundang hanya jika menghadapi tuntutan kejahatan perang di pengadilan internasional, yang semuanya menjamin Kremlin tidak akan berpartisipasi dalam pertemuan puncak semacam itu.

1. Rusia Menarik Semua Pasukan dari Ukraina

Sebagai syarat utama untuk perdamaian, Zelensky telah meminta Putin untuk memulangkan pasukannya. Berbicara kepada para pemimpin dari negara Kelompok Tujuh awal bulan ini, Zelensky mengatakan perdamaian akan dimulai dengan Putin menarik pasukan dari Ukraina.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menanggapi dengan mengatakan kepada wartawan bahwa kondisi Zelensky hanya akan menghasilkan "kelanjutan permusuhan."

Lawrence Reardon, seorang profesor ilmu politik di University of New Hampshire, mengatakan kepada Newsweek bahwa Zelensky telah mengambil langkah-langkah untuk menopang dukungan untuk penarikan Rusia.

"Presiden Zelensky telah berusaha untuk mengkonsolidasikan dukungan material dan moral NATO untuk mencapai tujuan Ukraina mengusir semua penjajah Rusia dari tanah Ukraina," kata Reardon.

2. Rusia Harus Dihukum

"Sebuah kejahatan telah dilakukan terhadap Ukraina, dan kami menuntut hukuman," kata Zelensky dalam pesan video bulan September yang diputar di Majelis Umum PBB di New York.

Pemimpin Ukraina itu telah berkali-kali meminta Rusia untuk menghadapi beberapa bentuk hukuman atas perang, melalui sanksi lebih lanjut dan dengan PBB mencabut Moskow dari peran kuatnya sebagai anggota tetap Dewan Keamanan.



3. Jaminan Keamanan bagi Ukraina

Zelensky juga berbicara tentang jaminan keamanan untuk Ukraina sebagai syarat perdamaian, serta membuat dunia bersatu dalam mencegah Rusia dari agresi bersenjata di masa depan.

4. Tidak Menyerahkan Wilayahnya

Tuntutan berulang Zelensky untuk pemulihan integritas teritorial Ukraina bisa menjadi poin terbesar dalam setiap negosiasi. Putin ingin mempertahankan wilayah yang dia aneksasi, tetapi Zelensky menegaskan wilayah itu harus tetap menjadi bagian dari Ukraina.

Pekan lalu, Zelensky mengunjungi Amerika Serikat, di mana dia bertemu dengan Presiden Joe Biden dan berpidato di depan Kongres. Selama perjalanan, dia berbicara tentang "perdamaian yang adil", yang dia katakan akan mencakup tidak ada kompromi mengenai kedaulatan, kebebasan, dan keutuhan wilayah negaranya dan ganti rugi untuk semua kerusakan yang ditimbulkan oleh agresi Rusia.

Zelensky tampaknya telah membatalkan setidaknya satu permintaan yang sebelumnya dia katakan harus dilaksanakan sebelum pembicaraan damai dilanjutkan: Putin meninggalkan kursi kepresidenan.

The Kyiv Post mengatakan pada bulan November bahwa berbeda dengan pengumuman sebelumnya, pembicaraan Zelensky tentang negosiasi perdamaian pada saat itu menghilangkan persyaratan bahwa Putin harus dicopot dari jabatannya sebelum diskusi semacam itu dapat terjadi.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2220 seconds (0.1#10.140)