Pesawat Korea Selatan Jatuh Saat Kejar Drone Korea Utara

Senin, 26 Desember 2022 - 18:19 WIB
loading...
A A A
Namun, tidak jelas apakah drone itu membawa senjata, menurut seorang pejabat dari Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

Setelah mendeteksi satu drone, militer Korea Selatan mengeluarkan beberapa perintah untuk meninggalkan daerah tersebut, dan melepaskan tembakan peringatan.

Pesawat yang dikerahkan termasuk pesawat serang ringan KA-1, yang jatuh di Hoengseong di timur Seoul karena alasan yang tidak diketahui.

Angkatan Udara Korea Selatan mengatakan belum ada laporan kerusakan bangunan sipil.

Insiden tersebut memaksa pejabat lokal menghentikan sementara semua penerbangan sipil di bandara internasional Incheon dan Gimpo.

Rekaman yang dirilis media lokal menunjukkan satu pesawat Korea Selatan tampaknya bergegas mencegat drone tersebut.

Kembali pada tahun 2017, satu pesawat tak berawak Korea Utara yang dicurigai, ditangkap setelah misi pengawasan. UAV yang dicurigai ditemukan jatuh di dekat perbatasan.

Pada saat itu, pejabat militer Seoul mengatakan drone itu mencoba mengambil gambar sistem pertahanan rudal Amerika Serikat THAAD yang dikerahkan di Korea Selatan.

Menurut laporan PBB tahun 2016, Korea Utara memiliki sekitar 300 drone dari berbagai jenis, termasuk UAV pengintaian, drone target, dan drone tempur.

Pada tahun 2017, Korea Institute for National Unification, think tank yang dikelola negara, mengklaim Pyongyang memiliki sekitar 1.000 drone yang mampu membawa senjata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)