Paus Francis: Ingatlah Perang yang Melelahkan dan Orang Miskin

Minggu, 25 Desember 2022 - 07:07 WIB
loading...
A A A
"Seperti biasa, korban utama dari keserakahan manusia ini adalah yang lemah dan rentan," ujarnya, mencela dunia yang rakus akan uang, kekuasaan, dan kesenangan.



"Saya pikir di atas semua anak-anak yang dilahap oleh perang, kemiskinan dan ketidakadilan," katanya juga menyebutkan anak-anak yang belum lahir, miskin dan terlupakan.

Menarik kesejajaran antara bayi Yesus yang lahir di palungan dan kemiskinan saat ini, Paus Francis berkata: “Di palungan penolakan dan ketidaknyamanan, Tuhan membuat dirinya hadir. Dia datang ke sana karena di sana kita melihat masalah kemanusiaan kita: ketidakpedulian dihasilkan oleh keserakahan untuk memiliki dan mengkonsumsi.”

Awal bulan ini, Paus Fransiskus mendesak orang-orang untuk mengurangi pengeluaran untuk perayaan dan hadiah Natal dan mengirimkan selisihnya ke Ukraina untuk membantu mereka melewati musim dingin.

Paus menandai ulang tahunnya yang ke-86 minggu lalu dan, terlepas dari penyakit lutut, tampaknya kesehatannya baik secara keseluruhan.

Pada hari Minggu, dia akan menyampaikan berkat dan pesan dua kali setahun "Urbi et Orbi" (untuk kota dan dunia) dari balkon tengah Basilika Santo Petrus kepada puluhan ribu orang di alun-alun di bawah.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2179 seconds (0.1#10.140)