China Laporkan Kematian Pertama Akibat Covid-19 Sejak Pelonggaran Aturan

Senin, 19 Desember 2022 - 23:07 WIB
loading...
China Laporkan Kematian Pertama Akibat Covid-19 Sejak Pelonggaran Aturan
China Laporkan Kematian Pertama Akibat Covid-19 Sejak Pelonggaran Aturan. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - Otoritas China pada Senin (19/12/2022) melaporkan kematian pertama akibat Covid-19 sejak melonggarkan kebijakan pembatasan. Saat ini, rumah sakit dan krematorium berjuang melawan wabah yang menurut otoritas tidak mungkin dilacak.

Seperti dilaporkan AFP, China telah melonggarkan kebijakan nol-Covid yang telah diterapkan selama bertahun-tahun. Saat ini, orang-orang di satu kota besar diizinkan pergi bekerja meski mereka merasa sakit.



Jumlah kasus resmi secara luas dianggap tidak dapat diandalkan setelah berakhirnya pengujian massal wajib, sementara kekhawatiran gelombang infeksi meningkat di daerah pedesaan yang miskin selama liburan Tahun Baru Imlek mendatang.

Pihak berwenang pada hari Senin melaporkan dua kematian akibat virus di ibu kota Beijing, di mana ketakutan akan Covid-19 telah mengosongkan jalan-jalan dan menguras stok obat-obatan dari apotek.

Jutaan warga lanjut usia yang tidak divaksinasi tetap rentan terhadap penyakit ini. Akun dari rumah sakit dan krematorium menunjukkan jumlah sebenarnya dari wabah tersebut yang tidak dilaporkan.

“Angka tidak menceritakan kisah lengkapnya,” ujar Hoe Nam Leong, pakar penyakit menular yang berbasis di Singapura. Ia memperkirakan jumlah kematian sebenarnya lebih tinggi. “Kurangnya pengujian kemungkinan berarti banyak infeksi tidak diketahui,” tambahnya.



Menurutnya, beberapa rumah sakit terlalu penuh untuk menerima pasien, sementara petugas kesehatan mungkin meremehkan Covid sebagai penyebab kematian. “Orang bisa meninggal karena serangan jantung akibat stress, akibat infeksi. Penyebab utama kematian adalah serangan jantung, tetapi penyebab utamanya adalah Covid,” ungkapnya.

Namun demikian, pihak berwenang bertekad untuk terus maju, dengan kota selatan Chongqing - rumah bagi sekitar 32 juta orang - menjadi salah satu bagian pertama China yang mengizinkan orang untuk bekerja, bahkan dengan gejala yang terlihat.

Surat kabar Chongqing Daily melaporkan, mengutip pemberitahuan dari otoritas kota, bahwa "pegawai negeri dengan gejala ringan" "dapat bekerja seperti biasa". Ini menandai pembalikan dramatis di negara di mana sebelumnya satu infeksi dapat membuat ribuan orang terkunci.

Pada hari Minggu, provinsi Zhejiang timur - pusat ekonomi utama yang menampung lebih dari 60 juta orang - mengatakan mereka yang memiliki gejala ringan dapat "terus bekerja, jika perlu, dengan syarat mengambil perlindungan pribadi."

Kunjungan ke rumah sakit dan klinik melonjak pada hari-hari setelah China mencabut pembatasan, meskipun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan virus itu sudah menyebar luas karena "tindakan pengendalian tidak menghentikan penyakit".
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)