Pencabutan Pembatasan Covid-19 Diprediksi Akan Sebabkan 1 Juta Kematian di China

Sabtu, 17 Desember 2022 - 17:20 WIB
loading...
Pencabutan Pembatasan Covid-19 Diprediksi Akan Sebabkan 1 Juta Kematian di China
Pencabutan Pembatasan COVID-19 Diprediksi Akan Sebabkan 1 Juta Kematian di China. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - Pencabutan pembatasan Covid-19 yang ketat di China dapat mengakibatkan ledakan kasus dan lebih dari satu juta kematian hingga tahun 2023, menurut proyeksi baru dari Institute of Health Metrics and Evaluation (IHME) yang berbasis di Amerika Serikat (AS).

Menurut proyeksi kelompok tersebut, kasus di China akan mencapai puncaknya sekitar 1 April, ketika kematian akan mencapai 322.000. “Sekitar sepertiga populasi China akan terinfeksi pada saat itu,” kata Direktur IHME, Christopher Murray, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (17/12/2022).



Otoritas kesehatan nasional China belum melaporkan kematian Covid resmi sejak pencabutan pembatasan Covid. Kematian resmi terakhir dilaporkan pada 3 Desember. Total kematian akibat pandemi mencapai 5.235.

China mencabut beberapa pembatasan Covid terberat di dunia pada bulan Desember, setelah protes publik yang belum pernah terjadi sebelumnya dan sekarang mengalami lonjakan infeksi, dengan kekhawatiran COVID dapat melanda 1,4 miliar populasinya selama liburan Tahun Baru Imlek bulan depan.

“Tidak ada yang mengira mereka akan tetap berpegang pada nol-COVID selama mereka melakukannya,” kata Murray, ketika proyeksi IHME dirilis secara online.



“Kebijakan nol-COVID China mungkin efektif untuk mencegah varian virus sebelumnya, tetapi penularan yang tinggi dari varian Omicron membuatnya tidak mungkin untuk dipertahankan,” katanya.

Grup pemodelan independen di University of Washington di Seattle, yang telah dihubungkan oleh pemerintah dan perusahaan selama pandemi, menggunakan data dan informasi provinsi dari wabah Omicron baru-baru ini di Hong Kong.

“China sejak wabah Wuhan yang asli hampir tidak melaporkan kematian. Itulah mengapa kami melihat ke Hong Kong untuk mendapatkan gambaran tentang tingkat kematian akibat infeksi,” kata Murray.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)