Sebut China Tantangan Strategis, Jepang Bangun Kekuatan Militer

Sabtu, 17 Desember 2022 - 07:23 WIB
loading...
Sebut China Tantangan Strategis, Jepang Bangun Kekuatan Militer
Sebut China tantangan strategis, Jepang bangun kekuatan militer. Foto/The National Interest
A A A
TOKYO - Jepang meluncurkan pembangunan militer terbesar sejak Perang Dunia II . Negeri Matahari Terbit itu menganggarkan USD320 miliar atau sekitar Rp4.997 kuadriliun untuk membali rudal yang mampu menyerang China dan mempersiapkan diri untuk konflik berkelanjutan, karena ketegangan regional dan invasi Rusia ke Ukraina memicu ketakutan akan perang.

Ini menjadikan Jepang sebagai negara dengan pembelanjaan militer terbesar ketiga setelah Amerika Serikat (AS) dan China.

Perdana Menteri Fumio Kishida, yang menggambarkan Jepang dan rakyatnya berada pada "titik balik dalam sejarah", mengatakan peningkatan anggaran itu adalah jawaban atas berbagai tantangan keamanan yang dihadapi.

Pemerintahnya khawatir bahwa Rusia telah menetapkan preseden yang akan mendorong China untuk menyerang Taiwan, mengancam pulau-pulau Jepang di dekatnya, mengganggu pasokan semikonduktor canggih dan berpotensi mencekik jalur laut yang memasok minyak Timur Tengah.

"Invasi Rusia ke Ukraina merupakan pelanggaran serius terhadap undang-undang yang melarang penggunaan kekuatan dan mengguncang fondasi tatanan internasional," kata makalah strategi itu.

"Tantangan strategis yang ditimbulkan oleh China adalah yang terbesar yang pernah dihadapi Jepang," tambahnya, juga mencatat bahwa Beijing tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (17/12/2022).



Rencana Kishida akan menggandakan pengeluaran pertahanan menjadi sekitar 2% dari produk domestik bruto selama lima tahun, melampaui batas pengeluaran 1% yang diberlakukan sendiri sejak 1976.

Ini akan meningkatkan anggaran kementerian pertahanan menjadi sekitar sepersepuluh dari semua pengeluaran publik pada tingkat saat ini, dan akan menjadikan Jepang pembelanja militer terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan China, berdasarkan anggaran saat ini.

Berbelanja secara royal akan memberikan pekerjaan kepada pembuat peralatan militer Jepang seperti Mitsubishi Heavy Industries (MHI), yang diperkirakan akan memimpin pengembangan tiga rudal jarak jauh yang akan menjadi bagian dari kekuatan rudal baru Jepang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)