2 Pahlawan Kemerdekaan Maroko dari Penjajahan Prancis

Kamis, 15 Desember 2022 - 23:10 WIB
loading...
2 Pahlawan Kemerdekaan Maroko dari Penjajahan Prancis
2 Pahlawan Kemerdekaan Maroko dari Penjajahan Prancis
A A A
JAKARTA - Sejatinya, cukup banyak pahlawan kemerdekaan Maroko yang berjuang merebut kebebasannya dari kolonialisme Prancis . Dari sekian banyak nama, terdapat beberapa diantaranya yang cukup dikenal banyak orang.

Melihat ke belakang, negara di kawasan Afrika Utara ini memiliki sejarah panjang dalam perjuangannya merebut hak kemerdekaan. Dalam riwayatnya, negara seperti Prancis dan Spanyol pernah menduduki negara tersebut.



Tak tinggal diam, para pejuang dari Maroko pun terus bertempur dan mengeluarkan seluruh tenaganya demi merebut kemerdekaan. Berikut dua pahlawan kemerdekaan Maroko dari penjajahan Prancis.

1. Mohammed V
Raja Mohammed V dikenal luas dalam perannya untuk perjuangan kemerdekaan Maroko dari Prancis dan Spanyol. Dikutip dari laman MoroccoWorldNews, Kamis (15/12/2022), Sidi Mohammed bin Yusef atau biasa disebut Mohammed V merupakan putra dari Yusuf Ben Hasan, sultan Maroko sebelumnya yang ditunjuk Prancis.

Dia menjadi Sultan Maroko sejak 1927. Sampai pada akhirnya sekitar tahun 1953, otoritas kolonial Prancis mengasingkan Mohammed V dan keluarganya.

Dalam perannya menjadi pahlawan kemerdekaan Maroko, Mohammed V dikenal sebagai simbol penting yang menggerakan perlawanan bangsa Maroko.

Pada 11 Januari 1944, kalangan nasionalis Maroko mengeluarkan Manifesto Kemerdekaan Maroko dengan menjadikan Mohammed V sebagai pemimpinnya. Prancis dalam hal ini menanggapinya dengan kontra. Mereka menekan Mohammed V dan menangkap para aktivis nasional disana.

Pasca pengasingan, Mohammed V kembali ke Maroko pada 16 November 1955. Sekali lagi, dia diangkat menjadi Sultan dan semakin menggerakan perlawanan terhadap protektorat Prancis.

Di akhir hayatnya, Mohammed V meninggal pada 26 Februari 1961 di usia 51 tahun. Selama hidupnya, dia telah dianugerahi banyak penghargaan di seluruh Timur Tengah, Prancis, AS, hingga Spanyol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)