10 Masalah Besar F-35, dari Kursi Lontar Penghancur Leher hingga Takut Petir

Rabu, 14 Desember 2022 - 09:32 WIB
loading...
A A A
Peningkatan perangkat lunak senilai USD14 miliar berjanji untuk memperbaiki berbagai masalah, mulai dari fungsionalitas senjata dan komunikasi hingga navigasi, keamanan dunia maya, dan penargetan.

Meski demikian, Pentagon telah menyebut tambalan itu "belum matang, kurang memadai, dan kurang teruji".

5. Radar Sakit Kepala

Pada tahun 2016, Pentagon mengonfirmasi F-35 memiliki masalah yang melibatkan penutupan sistem radarnya setiap empat jam sekali.

Setelah dimatikan, akan membutuhkan "beberapa menit" bagi radar untuk "mendapatkan kembali menampilkan gambar".

Masalah itu jelas tak bisa diabaikan untuk pesawat tempur, di mana "beberapa menit" dapat menjadi perbedaan antara terbang di atas target Anda atau menemukan diri Anda seratus atau lebih kilometer jauhnya.

6. Korosi

Jet F-35 menampilkan kulit penyerap radar canggih, yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan siluman terhadap radar musuh yang canggih.

Namun, foto F-35 Angkatan Laut yang diterbitkan awal tahun ini menunjukkan kulit pesawat tampaknya mengalami korosi parah berkat penggunaan cat bola besi yang dirancang untuk mengacak gelombang radio.

Tidak jelas apakah dan bagaimana Lockheed berencana mengatasi masalah tersebut, tetapi seperti hampir setiap masalah lain yang melibatkan pesawat, perbaikannya mungkin tidak akan mudah, atau murah.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)