Jet Tempur Siluman F-35A Amerika Masih Tak Bisa Terbang dalam Jarak 40,2 Km dari Petir

Kamis, 24 November 2022 - 13:56 WIB
loading...
A A A
Meskipun JPO tidak memberikan penjelasan mengapa demikian, pesawat Angkatan Laut maupun Korps Marinir tampaknya mengalami masalah yang sama seperti F-35A pada tingkat yang lebih rendah.

Masalahnya terletak pada sistem OBIGGS (Onboard Inert Gas Generation) F-35 yang memompa udara yang diperkaya nitrogen ke dalam tangki bahan bakarnya untuk membuatnya inert (lembam), mencegah pesawat meledak jika disambar petir.

Rupanya, pipa dan perlengkapan di dalam tangki bahan bakar F-35 (yang mengirimkan campuran nitrogen) berhenti berfungsi secara efektif dari waktu ke waktu karena getaran dan kemungkinan perubahan suhu dan tekanan selama penerbangan.

Pada tahun 2020, pengelola di Kompleks Logistik Ogden Pangkalan Angkatan Udara Hill di Utah menemukan kerusakan pada sistem OBIGGS selama pemeliharaan depot F-35A. Inspeksi selanjutnya menemukan bahwa 14 dari 24 F-35A yang diperiksa mengandung tubing yang rusak. Hal itu menyebabkan jeda dalam pengiriman F-35 selama dua minggu sementara penentuan dibuat—apakah masalahnya terletak pada produksi yang salah. Ternyata tidak demikian dan pengiriman dilanjutkan tetapi JPO mengeluarkan pembatasan penerbangan.

Sementara itu, Departemen Pertahanan dan Lockheed Martin mencapai kesepakatan tentang perbaikan sistem OBIGGS. Darren Sekiguchi, wakil presiden produksi F-35 Lockheed Martin saat itu, mengatakan kepada Defense News bahwa perbaikan tersebut melibatkan “penguatan sejumlah braket yang terkait dengan tabung ini untuk OBIGGS.”

Modifikasi, yang mulai dilakukan Lockheed dan Angkatan Udara AS pada tahun 2021, akan memungkinkan tabung di dalam tangki bahan bakar dipasang lebih aman dan mencegah gerakan getaran.

Pada bulan Februari tahun ini, Air Force Times melaporkan bahwa upgrade pada OBIGGS akan memungkinkan F-35A terbang mendekati petir tanpa batasan pada pertengahan musim panas.

Namun, pencabutan pembatasan penerbangan tersebut tidak terjadi. JPO menolak untuk menjelaskan mengapa—meskipun masalah sudah diperbaiki—larangan terbang di dekat petir tetap berlaku.

Keengganan JPO untuk menjelaskannya membuat penasaran, terlebih lagi karena Chief Olay menjelaskan kepada Forbes bahwa, “Varian F-35B dan C memiliki beberapa masalah OBIGGS yang sama dengan F-35A, tetapi telah mampu mengurangi dampak operasional.”

Perlu diingat bahwa pada Juli 2021 Korps Marinir mengungkapkan bahwa sepasang F-35B-nya didaratkan di Jepang dengan kerusakan jutaan dolar setelah disambar petir saat serangan mendadak awal bulan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0991 seconds (0.1#10.140)