Mengenal Raja William I Sang Penakluk Kerajaan Inggris

Jum'at, 18 November 2022 - 18:38 WIB
loading...
Mengenal Raja William I Sang Penakluk Kerajaan Inggris
Raja William berhasil menaklukan Kerajaan Inggris. Foto/wikipedia
A A A
LONDON - Raja William adalah salah satu warga bangsa Normandia yang berhasil menaklukan Kerajaan Inggris dan menjadi Raja Inggris pertama yang berasal dari bangsa lain. Dia memimpin Inggris selama 21 tahun, sejak 1066 hingga 1087.

Sebenarnya William bukan orang asli bangsa Normandia, hanya saja ia adalah anak di luar nikah dari Robert I dan Herleva yang dibesarkan di Normandia.

Sejak Ayahnya meninggal, William yang berumur 8 tahun pun sudah diberi tahta sebagai Adipati atau Pangeran Normandia, sehingga ia turut aktif dalam pertempuran di kerajaan sekitar Normandia.

Baca juga: Israel Menyerah pada Tekanan AS untuk Bantu Ukraina

Penaklukan William terjadi setelah Raja Edward meninggal dunia pada 1035. William mengaku bahwa Raja Edward telah berjanji menunjuknya sebagai ahli waris sekaligus penerus tahta Kerajaan Inggris.

Namun di detik-detik kematiannya, Raja Edward berubah pikiran dan menunjuk Harold Godwinson, sepupu William sebagai ahli waris sekaligus penerus tahta Raja Inggris.

Peristiwa itulah yang menjadi pemicu invasi Normandia ke Inggris sebagai bentuk kekecewaan William terhadap keputusan tersebut.

Merasa dikhianati, William bersama pasukannya pun berusaha merebut kembali tahta Raja Inggris dengan menginvasi, menyerang, menjajah Inggris sepanjang tahun 1066, melalui berbagai pertempuran, di antaranya:

1. Pertempuran Gerbang Fulford

Pertempuran yang terjadi di Gerbang Fulford pada 26 September 1066 melibatkan tentara Viking dari Hardrada dan pemberontak yang dipimpin oleh Tostig.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1354 seconds (10.55#12.26)