Hadir Virtual di G20 Bali, Zelensky Ajukan 10 Tuntutan Ukraina

Selasa, 15 November 2022 - 14:44 WIB
loading...
A A A
Inisiatif "Biji-bijian dari Ukraina (Grain From Ukraine)" memungkinkan lebih banyak orang di negara-negara miskin dapat diselamatkan dari kelaparan. Tahun ini Ukraina dapat mengekspor 45 juta ton pangan.

Ketiga, keamanan energi. Saat ini Ukraina mengalami ancaman musim dingin akibat sekitar 40% infrastruktur energi dihancurkan oleh serangan rudal Rusia dan drone Iran.

Untuk itu Ukraina berharap sesegera mungkin mendapatkan bantuan untuk menghentikan serangan terhadap infrastruktur energi.

Keempat, pembebasan semua tahanan dan orang yang dideportasi. Hingga saat ini masih terdapat ribuan orang Ukraina baik militer maupun sipil yang berada di tahanan di Rusia dan harus mengalami siksaan.

“Selain itu, ada sekitar 11 ribu anak yang telah dideportasi paksa ke Rusia. Mereka terpisah dari orang tua mereka padahal itu diketahui betul bahwa mereka memiliki keluarga. Begitu pula puluhan ribu orang dewasa yang dipindahkan secara paksa,” papar dia.

Zelensky menegaskan hingga saat ini, dalam persoalan tahanan, Ukraina tidak mendapatkan dukungan dari Komite Internasional Palang Merah.

“Kami tidak melihat bahwa mereka sepenuhnya berjuang untuk mendapatkan akses ke lokasi para tahanan!” ujar dia.

Kelima, kepatuhan pada Piagam PBB dan pemulihan tatanan dunia. Secara jelas Rusia harus mengkonfirmasi keutuhan wilayah Ukraina, yang sesuai dengan resolusi-resolusi relevan Majelis Umum PBB.

Keenam, penarikan pasukan Rusia dan penghentian tindakan tempur. Zelensky menegaskan Rusia harus menarik semua pasukan dan kelompok bersenjatanya dari wilayah Ukraina.

Menurut dia, kendali Ukraina atas semua bagian perbatasan negara kami dengan Rusia harus dipulihkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0920 seconds (0.1#10.140)