Erdogan: Serangan AS dan Barat terhadap Rusia Tanpa Batas

Minggu, 13 November 2022 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Ukraina juga menolak tuduhan itu. Beberapa hari kemudian, penangguhan kesepakatan dibatalkan oleh Moskow, yang mengatakan telah menerima jaminan tertulis dari Kiev bahwa mereka tidak akan menggunakan koridor biji-bijian untuk tujuan militer. Ukraina membantah telah menerima kewajiban tambahan.

“Ada insiden koridor biji-bijian. Kami dapat membuka koridor perdamaian dari sini, kami mencoba melakukan ini. Kami pikir cara terbaik untuk ini adalah beralih dari dialog ke perdamaian,” papar Erdogan.

Dia menambahkan, untuk saat ini, pihak-pihak dalam kesepakatan biji-bijian harus fokus menjalankannya dengan cara yang “serius”.

Turki mengadopsi posisi netral di awal konflik antara Rusia dan Ukraina, menolak mengambil bagian dalam sanksi Barat terhadap Moskow, sambil melanjutkan kerja sama militernya dengan Kiev, termasuk menjual sejumlah drone serang Bayraktar ke Kiev.

Ankara telah mempertahankan kontak dengan kedua belah pihak, berusaha menjadi mediator. Turki menjadi tuan rumah pembicaraan antara Moskow dan Kiev di Istanbul awal tahun ini, di mana kesepakatan dilaporkan tercapai tetapi kemudian ditolak Ukraina.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)