Polandia Terima Proposal Nuklir AS, Peringatan Keras bagi Rusia

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 10:03 WIB
loading...
A A A
“Memilih AS dan Westinghouse mengirim pesan ke Rusia tentang kekuatan dan penyatuan aliansi AS-Polandia," papar pejabat itu.

Sebelumnya pada Jumat, penasihat kebijakan luar negeri Presiden Andrzej Duda Jakub Kumoch berpendapat AS harus secara permanen menempatkan pasukan dan senjata nuklir di wilayah Polandia, menolak perjanjian NATO-Rusia 1997 yang menghalangi jalan sebagai surat mati.

Visi Warsawa untuk proyek energi akan melihat total enam reaktor yang dibangun pada 2040 dan pada akhirnya menghasilkan daya 6-9 gigawatt.

Investor asing akan menyediakan teknologi dan membantu mengelola serta mendanai PLTN, dengan imbalan 49% saham dalam usaha tersebut.

Granholm dan Westinghouse mengajukan proyek tersebut sebagai cara bagi Polandia mengurangi emisi karbon dan menghapus batu bara secara bertahap.

Warsawa memutuskan diri dari impor gas alam Rusia pada April, dengan alasan konflik di Ukraina.

Pipa yang mengirimkan gas alam dari Norwegia diresmikan pada September, hanya sehari sebelum pipa Nord Stream dari Rusia ke Jerman rusak dalam tindakan sabotase yang tidak ada yang secara resmi mengaku bertanggung jawab.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)