Serangan Rusia Sebabkan Pemadaman Listrik, Separuh Ukraina Gelap Gulita

Minggu, 23 Oktober 2022 - 21:00 WIB
loading...
Serangan Rusia Sebabkan Pemadaman Listrik, Separuh Ukraina Gelap Gulita
Serangan Rusia Sebabkan Pemadaman Listrik, Separuh Ukraina Gelap Gulita. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Rudal Rusia menghantam sumber energi Ukraina dan fasilitas lainnya pada Sabtu (22/10/2022), menyebabkan pemadaman di berbagai wilayah. Sementara otoritas pendudukan Rusia di kota selatan Kherson mendesak warga sipil untuk mengungsi.

Seperti dilaporkan Reuyers, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, serangan Rusia telah menyerang dalam skala "sangat luas". Dia berjanji militernya akan memperbaiki catatan yang sudah baik dalam menjatuhkan rudal dengan bantuan dari mitranya.



Potensi kesengsaraan yang membekukan membayangi Ukraina, saat Rusia terus menyerang jaringan listrik Ukraina. Sejak 10 Oktober, Rusia telah meluncurkan salvo yang menghancurkan infrastruktur listrik Ukraina, menghantam setidaknya setengah pembangkit listrik termal dan hingga 40% dari seluruh sistem.

Pejabat di beberapa daerah pada hari Sabtu melaporkan pemogokan terhadap fasilitas energi dan pemadaman listrik, ketika para insinyur bergegas untuk memulihkan jaringan. Gubernur mengimbau warga untuk menimbun air.

“Lebih dari satu juta orang tanpa listrik,” kata penasihat presiden Kyrylo Tymoshenko. Beberapa bagian dari Kiev mengalami pemadaman listrik hingga malam hari.

Seorang pejabat kota memperingatkan, serangan Rusia dapat membuat ibu kota Ukraina tanpa listrik dan panas selama "beberapa hari atau minggu".



Pembantu presiden Mykhailo Podolyak mengatakan, Moskow ingin menciptakan gelombang baru pengungsi ke Eropa dengan serangan itu. Sementara Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba mengatakan di Twitter bahwa serangan itu merupakan genosida.

Moskow telah mengakui menargetkan infrastruktur energi tetapi menyangkal menargetkan warga sipil. Zelensky, dalam video pidato malamnya, mengatakan "serangan massal terbaru" mempengaruhi wilayah di barat, tengah dan selatan Ukraina.

“Tentu saja kami tidak memiliki kemampuan teknis untuk merobohkan 100% rudal Rusia dan menyerang drone. Saya yakin bahwa, secara bertahap, kami akan mencapainya, dengan bantuan dari mitra kami. Sekarang, kami telah menjatuhkan mayoritas rudal jelajah, mayoritas drone," ujarnya.

Pasukan Ukraina telah menjatuhkan 20 rudal dan lebih dari 10 pesawat tak berawak Shahed buatan Iran pada hari Sabtu, katanya. Komando angkatan udara sebelumnya mengatakan 33 rudal telah ditembakkan ke Ukraina, dengan 18 ditembak jatuh.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)