Dubes Rusia untuk AS: Saluran Pencegah Perang Nuklir 60 Tahun Lalu Sudah Mati

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 15:19 WIB
loading...
A A A
"Jenis retorika tidak bertanggung jawab yang telah kita lihat bukanlah cara bagi pemimpin negara bersenjata nuklir untuk berbicara," imbuh juru bicara tersebut.

"Tetapi jika Krisis Rudal Kuba telah mengajari kita sesuatu, itu adalah nilai mengurangi risiko nuklir, bukan mengacungkannya."

Tetapi Antonov berpendapat bahwa AS-lah yang telah mengganggu tatanan nuklir, tidak hanya dalam memperluas aliansi NATO, tetapi juga dalam dugaan menghentikan komunikasi terkait dengan perjanjian pengendalian senjata nuklir terakhir yang tersisa antara Moskow dan Washington.

Setelah mantan Presiden George W. Bush meninggalkan Perjanjian Anti-Ballistic Missile (ABM) pada tahun 2002, yang membatasi pertahanan rudal, dan mantan Presiden Donald Trump meninggalkan Perjanjian Intermediate-range Nuclear Forces (INF) pada tahun 2019, yang melarang jenis yang sama sistem jarak menengah di pusat Krisis Rudal Kuba, Biden menyelamatkan Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis Baru (New START) dengan panggilan telepon ke Putin pada malam berakhirnya perjanjian tak lama setelah pemimpin AS itu menjabat awal tahun lalu.

Para pejabat Rusia telah mencari pembicaraan lanjutan untuk lebih memperpanjang perjanjian di luar tanggal kedaluwarsa lima tahun, dan Antonov mengatakan bahwa AS tampaknya memiliki rencana lain.

“Kami menantikan ide-ide spesifik dan substantif tentang pengendalian senjata dari anggota tim Presiden Biden, banyak di antaranya berasal dari masyarakat perlucutan senjata,” kata Antonov.

"Sebaliknya, mereka mengusulkan untuk mengganti Perjanjian New START dengan semacam arsitektur yang diperluas dan transparan."

Mengacu lagi pada Strategi Keamanan Nasional, Antonov mencatat fakta bahwa dialog stabilitas strategis Rusia-AS bahkan tidak disebutkan dalam dokumen.

"Apa yang muncul dalam doktrin adalah keengganan untuk bernegosiasi, untuk memiliki dialog yang adil dengan kami," kata Antonov.

"Untuk memikirkan prospek perjanjian baru yang mengikat secara hukum untuk menggantikan New START yang sangat ditunggu-tunggu di dunia."
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)