Para Pejabat Luar Negeri Keturunan Jawa

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Politisi senior Partai Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) dan mantan Menteri Pertahanan Malaysia Ahmad Zahid Hamidi termasuk pejabat luar negeri keturunan Jawa.

Para Pejabat Luar Negeri Keturunan Jawa


Beliau lahir pada 4 Januari 1953 di Kampung Sungai Nipah Darat, Bagan Datoh, Perak Malaysia. Sang ayah berasal dari Kulon Progo, Yogyakarta, sementara ibunya orang Ponorogo, Jawa Timur.

Keluarganya berimigrasi ke Malaysia tahun 1932. Karena kedua orangtuanya keturunan Jawa, Zahid juga mengakui bahwa dia bisa berbahasa Jawa. Karier Zahid di dunia politik bisa dibilang sangat cemerlang.

Ahmad Zahid adalah mantan Wakil Perdana Menteri pada periode 2015-2018, Menteri Dalam Negeri pada periode 2013-2018, dan pernah juga menduduki posisi sebagai Menteri Pertahanan hingga tahun 2013.

3. Soewarto Moestadja

Soewarto Moestadja merupakah sosok politisi Suriname berdarah Kebumen, Jawa Tengah, yang berasal dari keluarga buruh.

Para Pejabat Luar Negeri Keturunan Jawa


Setelah menyelesaikan pendidikan SMA, dia pun kuliah di Belanda mengambil jurusan antropologi budaya di Universitas Amsterdam.

Dia mengaku berkecimpung di dunia politik karena tidak sengaja. Dia mengawali karier sebagai wartawan, sekaligus bekerja di Kementerian Sosial dan Perumahan Rakyat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1340 seconds (0.1#10.140)