NATO Bersiap untuk Latihan Nuklir di Tengah Kecemasan Akan Ancaman Putin

Rabu, 12 Oktober 2022 - 20:26 WIB
loading...
A A A
“Ini penting sebelum invasi ke Ukraina, menjadi lebih penting setelahnya, paling tidak mengingat retorika nuklir dari Presiden Putin dan dari Rusia,” tambahnya.



Stoltenberg mengatakan NATO memantau dengan cermat kekuatan nuklir Rusia dan belum melihat perubahan apa pun dalam postur mereka. Dia menambahkan bahwa para menteri NATO akan membuat keputusan pada hari Rabu untuk meningkatkan stok senjata.

Laporan media dalam beberapa pekan terakhir telah mengindikasikan bahwa anggota blok tersebut berjuang untuk mendapatkan senjata cukup cepat karena bantuan ke Ukraina menghabiskan persediaan mereka. Angkatan Darat Jerman, misalnya, memiliki amunisi yang cukup hanya untuk satu atau dua hari perang, Business Insider melaporkan pada hari Sabtu.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pekan lalu memperingatkan bahwa Rusia dan Barat menghadapi ancaman nuklir "Armageddon" yang lebih besar daripada kapan pun sejak Krisis Rudal Kuba 40 tahun lalu.

Presiden Vladimir Putin telah bersumpah bahwa Rusia akan menggunakan “semua cara yang tersedia” untuk membela rakyat dan wilayahnya, sebuah pernyataan yang ditafsirkan oleh Washington dan sekutu NATO-nya sebagai ancaman untuk menyebarkan senjata nuklir.

Pekan lalu, Presiden Ukraina Vladimir Zelensky menuntut agar NATO melakukan serangan pencegahan di Rusia untuk mencegah penggunaan senjata nuklir. Setelah Moskow menuduhnya mencoba memicu perang dunia ketiga, Zelensky membantah pernyataan itu, mengklaim bahwa itu salah diterjemahkan dan dia benar-benar bermaksud mengatakan sanksi pencegahan, bukan "serangan pencegahan."



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)