Rusia Mengaku Tidak Mengancam Siapa Pun dengan Senjata Nuklir

Selasa, 11 Oktober 2022 - 20:03 WIB
loading...
Rusia Mengaku Tidak Mengancam Siapa Pun dengan Senjata Nuklir
Rusia mengaku tidak mengancam siapa pun dengan senjata nuklir. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rusia tidak mengancam siapa pun dengan senjata nuklir. Sebaliknya, Rusia menuding Baratlah yang memperkenalkan retorika nuklir, mencoba membuatnya tampak seperti Moskow sedang bersiap untuk melancarkan serangan menggunakan senjata pemusnah massal (WMD).

Hal itu dikatakan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov kepada Sputnik.

"Di tengah peristiwa yang terjadi di Ukraina, Amerika Serikat dan negara-negara yang bergantung padanya secara aktif memperkenalkan retorika nuklir ke dalam sirkulasi. Mereka mencoba menyajikannya seolah-olah negara kita sedang bersiap untuk meluncurkan serangan menggunakan senjata pemusnah massal," kata Ryabkov.

"Sekali lagi, kami harus menjelaskan bahwa Rusia tidak mengancam siapa pun dengan penggunaan senjata nuklir,” tegasnya seperti dilansir dari media Rusia itu, Selasa (11/10/2022).



Dia ingat bahwa dokumen yang disetujui oleh keputusan Vladimir Putin tentang dasar-dasar kebijakan negara Federasi Rusia di bidang pencegahan nuklir dengan jelas mendefinisikan kondisi untuk penggunaan senjata nuklir.

Skenario di mana Rusia secara teoritis dapat menggunakan senjata nuklir diatur dalam Doktrin Militer Rusia dan dalam Dasar-dasar Kebijakan Negara di Bidang Pencegahan Nuklir.

Menurut dokumen itu, penggunaan senjata nuklir dimungkinkan jika terjadi agresi terhadap Rusia atau sekutunya dengan penggunaan senjata pemusnah massal, atau agresi dengan penggunaan senjata konvensional, ketika keberadaan negara itu sendiri terancam.



Ketakutan akan serangan senjata nuklir muncul seiring ancaman yang dilontarkan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam pidatonya pada bulan lalu, Putin secara eksplisit mengancam akan menggunakan senjata nuklir dalam perangnya di Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)