Kerusuhan Meletus di Penjara Manila, Polisi Tembak Mati 3 Narapidana

Minggu, 09 Oktober 2022 - 23:00 WIB
loading...
Kerusuhan Meletus di Penjara Manila, Polisi Tembak Mati 3 Narapidana
Kerusuhan Meletus di Penjara Manila, Polisi Tembak Mati 3 Narapidana. FOTO/Reuters
A A A
MANILA - Polisi Filipina membunuh tiga narapidana, termasuk seorang gerilyawan terkemuka Abu Sayyaf, setelah mereka menikam seorang petugas penjara dan menyandera mantan senator oposisi yang ditahan, Minggu (9/10/2022).

Menurut polisi, ini adalah upaya melarikan diri dari penjara dengan keamanan maksimum di kamp polisi utama di Metropolitan Manila. Upaya itu berhasil digagalkan.



“Mantan Senator Leila de Lima tidak terluka dan dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan,” kata Kepala polisi nasional, Jenderal Rodolfo Azurin Jr, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Dilaporkan pula, salah satu dari tiga narapidana menikam seorang petugas polisi yang sedang mengantarkan sarapan kepada narapidana setelah subuh. Seorang petugas polisi yang ditempatkan di menara penjaga melepaskan tembakan peringatan.

“Petugas itu kemudian menembak dan membunuh dua tahanan, termasuk komandan Abu Sayyaf Idang Susukan, ketika mereka menolak untuk menyerah,” kata polisi.

Azurin menjelaskan, narapidana ketiga lari ke sel de Lima dan menyanderanya sebentar. Tetapi, dia juga ditembak mati oleh pasukan komando polisi. “Dia aman. Kami dapat dengan cepat menyelesaikan insiden di dalam pusat penahanan,” kata Azurin kepada wartawan.



Dia mengatakan kepada stasiun radio lokal DZBB bahwa de Lima tampaknya tidak menjadi sasaran. "Mereka melihatnya sebagai penutup yang ideal. Niat mereka sebenarnya adalah untuk melarikan diri," katanya.

De Lima telah ditahan sejak 2017 dan telah menghadapi persidangan atas tuduhan narkoba yang katanya dibuat oleh mantan Presiden Rodrigo Duterte dan para pejabatnya dalam upaya untuk meredam kritiknya terhadap tindakan kerasnya yang mematikan terhadap obat-obatan terlarang, yang telah menyebabkan ribuan orang kebanyakan kecil.

Tersangka tewas dan memicu penyelidikan Pengadilan Kriminal Internasional sebagai kemungkinan kejahatan terhadap kemanusiaan. Duterte, yang bersikeras atas kesalahan de Lima, mengundurkan diri dari jabatannya pada 30 Juni di akhir masa jabatan enam tahun yang penuh gejolak dan digantikan oleh Ferdinand Marcos Jr.

Marcos mentweet bahwa dia akan berbicara dengan de Lima "untuk memeriksa kondisinya dan menanyakan apakah dia ingin dipindahkan ke pusat penahanan lain".
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)