Kapal Feri Filipina Terbakar di Dekat Pelabuhan Manila, 9 Penumpang Hilang

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 17:00 WIB
loading...
Kapal Feri Filipina Terbakar di Dekat Pelabuhan Manila, 9 Penumpang Hilang
Kapal Feri Filipina Terbakar di Dekat Pelabuhan Manila, 9 Penumpang Hilang. FOTO/Reuters
A A A
MANILA - Sebuah kapal feri Filipina yang membawa 82 penumpang dan awak terbakar saat mendekati pelabuhan di selatan Manila, Jumat (26/8/2022). Menurut Penjata Pantai Filipina, setidaknya 73 penumpang telah diselamatkan.

Seperti dilaporkan Reuters, menurut Penjaga Pantai, upaya pencarian dan penyelamatan terus dilakukan setelah malam tiba untuk para penumpang dan awak M/V Asia Philippines, sebuah kapal kargo dan penumpang antar pulau yang datang dari kota Calapan di provinsi Oriental Mindoro.

Baca: 2 Kapal Terbakar di Dermaga Pertamina Mappi Papua, 1 Tewas 4 Hilang

Seorang wanita berusia 44 tahun yang termasuk di antara mereka yang diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit dengan luka yang tidak ditentukan.

Video yang dirilis oleh penjaga pantai menunjukkan api dan asap hitam mengepul dari feri, yang berada di dekat kapal lain lebih dari satu kilometer dari perairan pelabuhan Batangas. Sebuah kapal membantu dua kapal penjaga pantai dikerahkan dalam upaya penyelamatan.

Hingga kini belum diketahui penyebab kebakaran kapal feri tersebut. Kapal feri dapat membawa hingga sekitar 400 penumpang, kata penjaga pantai. Ada contoh di masa lalu feri yang membawa penumpang tidak terdaftar yang bertentangan dengan peraturan.

Baca: Diduga Korsleting Listrik, Kapal Ikan di Pelabuhan Muara Baru Terbakar

Kecelakaan laut sering terjadi di kepulauan Filipina karena badai yang sering terjadi, kapal yang tidak dirawat dengan baik, kepadatan penduduk dan penegakan peraturan keselamatan yang sembrono, terutama di provinsi-provinsi terpencil.

Pada bulan Desember 1987, feri Dona Paz tenggelam setelah bertabrakan dengan tanker bahan bakar, menewaskan lebih dari 4.300 orang dalam bencana maritim terburuk di dunia pada masa damai.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1609 seconds (10.101#12.26)