Inggris Terancam Pemadaman Listrik Bergilir Selama Musim Dingin

Minggu, 09 Oktober 2022 - 00:30 WIB
loading...
Inggris Terancam Pemadaman Listrik Bergilir Selama Musim Dingin
Inggris Terancam Pemadaman Listrik Bergilir Selama Musim Dingin. FOTO/Reuters
A A A
LONDON - Inggris dapat menghadapi pemadaman listrik bergilir hingga tiga jam yang diperkirakan akan terjadi selama musim dingin ini. Pelanggan yang beresiko mengalami pemadaman listrik bergilir adalah pelanggan perumahan dan bisnis.

Pemadaman bergilir akan terjadi jika muncul gangguan dalam impor listrik dari Eropa dan pasokan gas yang tidak mencukupi di negara itu, menurut laporan Winter Outlook oleh National Grid Electricity System Operator. Prospeknya mencakup periode 31 Oktober 2022-31 Maret 2023.



Menurut skenario dasar dalam prospek, akan ada margin yang memadai sekitar 3,7 gigawatt selama musim dingin untuk memastikan Inggris tetap dalam standar keandalan.

“Namun, akan ada hari-hari ketika langkah-langkah mitigasi akan diperlukan untuk digunakan, mengingat skala ketidakpastian dan risiko yang terkait dengan situasi geopolitik saat ini,” kata pernyataan National Grid, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Jumat (7/10/2022).

"Terlepas dari langkah-langkah mitigasi yang dicatat, sangat mungkin bahwa harga grosir energi, baik gas dan listrik, akan tetap sangat tinggi sepanjang periode perkiraan musim dingin," lanjut pernyataan itu.

Menurut skenario ilustratif pertama yang mengkaji apa yang akan terjadi jika tidak ada impor listrik dari Eropa, strategi mitigasi akan diterapkan, termasuk pengiriman unit batubara yang disimpan dan program Layanan Fleksibilitas Permintaan.



"Dengan mengamankan 4 gigawatt melalui tindakan ini, kami akan mempertahankan margin yang memadai dan mengurangi dampak pada pelanggan," perkiraan National Grid.

Lembaga tersebut mengatakan bahwa Layanan Fleksibilitas Permintaan adalah program baru dan inovatif yang akan diluncurkan pada 1 November dengan mendorong pemasok dan perusahaan untuk mengalihkan beban mereka dari jam sibuk.

"Tanpa Layanan Fleksibilitas Permintaan, kami memperkirakan akan melihat pengurangan margin. Dalam skenario ini pada hari-hari ketika cuaca dingin, oleh karena itu kemungkinan permintaan tinggi, dengan tingkat angin rendah karena berkurangnya pembangkit yang tersedia, ada potensi kebutuhan untuk mengganggu pasokan ke beberapa pelanggan untuk jangka waktu terbatas dengan cara yang terkelola dan terkendali," kata National Grid.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2172 seconds (0.1#10.140)