China, India, dan Brasil Abstain dalam Voting Resolusi AS, Rusia Gunakan Veto

Minggu, 02 Oktober 2022 - 00:01 WIB
loading...
A A A
Lima anggota tetap DK PBB yakni AS, Inggris, Prancis, China, dan Rusia, semuanya memiliki kekuatan untuk memveto resolusi secara sepihak.

Rusia telah menggunakan kekuatan ini untuk memblokir kecaman Barat atas tindakannya di Ukraina sejak Februari, sementara AS telah menggunakannya lebih sering daripada anggota lainnya sejak 1970.

AS paling sering memblokir resolusi yang kritis terhadap Israel. Hingga kini Israel memiliki kekebalan terhadap sanksi internasional karena dukungan AS di Dewan Keamanan PBB.

Dalam pidato di Majelis Umum PBB pekan lalu, Presiden AS Joe Biden menyatakan DK PBB harus diperluas dengan anggota tetap dan bergilir baru, yang diambil dari “negara-negara yang telah lama kami dukung.”

Biden juga meminta anggota tetap dewan untuk “menahan diri dari penggunaan veto kecuali dalam situasi yang jarang dan luar biasa.”

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah meminta DK PBB mencabut hak veto Rusia, keputusan yang, bahkan jika didukung oleh semua anggota tetap lainnya, tidak mungkin dilakukan karena hak veto Rusia.

Washington mengharapkan Rusia memblokir resolusi itu, dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan kepada wartawan sebelumnya pada Jumat bahwa AS akan membawa tindakan itu ke Majelis Umum untuk mencari kecaman yang lebih luas.

(sya)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2411 seconds (11.252#12.26)