Kremlin: Ledakan Pipa Nord Stream Masalah Besar bagi Rusia

Kamis, 29 September 2022 - 03:16 WIB
loading...
Kremlin: Ledakan Pipa Nord Stream Masalah Besar bagi Rusia
Pipa gas Nord Stream 2 milik Rusia meledak. Foto/Vox
A A A
MOSKOW - Kremlin mengecam setiap tuduhan berada di balik dugaan ledakan pipa gas alam Nord Stream awal pekan ini, menyebutnya sebagai "bodoh dan tidak masuk akal." Kremlin menyatakan bahwa insiden itu sebenarnya menciptakan banyak masalah bagi Rusia.

Berbicara kepada wartawan, juru bicara Dmitry Peskov menjelaskan bahwa kerusakan pada jaringan pipa menimbulkan "masalah besar" bagi Rusia karena pada dasarnya kehilangan rute pasokan gasnya ke Eropa.

"Kedua jalur pipa Nord Stream 2 dipompa penuh dengan gas dan disiapkan untuk mengirimkannya ke Eropa pada saat dugaan ledakan," kata Peskov.

“Gas ini sangat mahal dan sekarang semuanya naik ke udara," ia menambahkan seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (29/9/2022).



Peskov juga mencatat bahwa baik Rusia maupun Eropa tidak mendapat keuntungan apa pun dari penghancuran jaringan pipa, terutama Jerman, di mana insiden ini merupakan ancaman bagi perkembangan industrinya di masa depan, serta profitabilitas dan daya saingnya.

Pemasok LNG Amerika, di sisi lain, telah menghasilkan keuntungan luar biasa setelah melipatgandakan pengiriman mereka ke benua Eropa, Peskov menunjukkan, menambahkan bahwa perusahaan-perusahaan ini sangat tertarik untuk mempertahankan keuntungan super-duper ini di masa depan.

Meskipun tidak ada tersangka di balik insiden tersebut yang secara resmi disebutkan, juru bicara Kremlin itu menyarankan agar tidak membuat pengumuman resmi sebelum penyelidikan yang tepat atas insiden tersebut dilakukan.

Namun, Peskov menarik perhatian pada pernyataan Presiden AS Joe Biden sejak awal Februari, ketika pemimpin Amerika itu mengancam akan "mengakhiri" Nord Stream 2.

"Apa yang dimaksud presiden AS dengan itu, kami tidak tahu," aku pejabat Kremlin itu, tetapi menyoroti reaksi histeris-euforia yang gila dari pejabat Polandia yang telah berterima kasih kepada Washington karena telah menyabotase pipa tersebut.



Tanggapan Kremlin muncul setelah beberapa pejabat Eropa dan Kiev, termasuk penasihat Presiden Vladimir Zelensky, Mikhail Podolyak, menyatakan bahwa serangan terhadap pipa itu adalah operasi "false flag" yang dilakukan oleh Rusia untuk membuat Ukraina terlihat buruk dan untuk lebih mendorong harga energi naik di Uni Eropa.

Namun, setelah mantan Menlu Polandia secara terbuka berterima kasih kepada AS atas sabotase yang tampak di Twitter, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mendesak UE untuk memperlakukan AS sebagai kemungkinan penyebab di balik serangan terhadap jaringan pipa Nord Stream. Dia mengatakan Moskow akan menyerukan sidang Dewan Keamanan PBB atas insiden tersebut.

Sejumlah negara Barat telah berulang kali menentang jaringan pipa bawah laut Rusia yang mengirimkan gas ke Eropa, baik sebelum dan sesudah Moskow meluncurkan operasi militernya di Ukraina.

Jaringan pipa Nord Stream 2 yang baru-baru ini dibangun, yang tidak pernah beroperasi karena penolakan Jerman untuk mengesahkannya, telah menarik penentangan khusus dari negara-negara seperti AS dan Polandia, yang telah menyerukan agar pipa tersebut “dihapus total.”


(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)