CIA Peringatkan Jerman tentang Serangan Pipa Gas Nord Stream Beberapa Pekan Lalu

Rabu, 28 September 2022 - 13:43 WIB
loading...
CIA Peringatkan Jerman tentang Serangan Pipa Gas Nord Stream Beberapa Pekan Lalu
Kapal menyambungkan dua bagian dari pipa gas Nord Stream 2 pada 11 Agustus 2019. Foto/Nord Stream 2/Axel Schmidt
A A A
BERLIN - CIA sudah memperingatkan Jerman tentang kemungkinan serangan terhadap jaringan pipa gas di Laut Baltik "beberapa pekan yang lalu".

Laporan itu diungkap majalah Jerman Der Spiegel pada Selasa (27/9/2022). Jerman sedang mencari jawaban setelah kedua pipa Nord Stream Rusia rusak dan kebocoran gas besar muncul di pulau Bornholm, Denmark.

“Satu tip dari agen mata-mata Amerika Serikat (AS) diterima di Berlin selama musim panas," ungkap Der Spiegel, mengutip "beberapa orang yang mengetahui masalah ini."

Baca juga: Hasil Referendum Donbass Diumumkan, Mayoritas Warga Pilih Gabung Rusia

Secara resmi, bagaimanapun, pemerintah federal Jerman menolak mengomentari hal-hal yang berhubungan dengan intelijen.

“Dinas keamanan Jerman saat ini sedang memeriksa citra satelit dari daerah di mana ledakan terjadi, tetapi hanya melihat lalu lintas angkatan laut yang biasa-biasa saja," papar Spiegel.

Baca juga: Pakar Swedia Laporkan Ledakan di Lokasi Pipa Gas Nord Stream, Lihat Videonya

“Mereka juga yakin bahwa hanya aktor negara yang bisa melakukan ini, menunjukkan penyelam atau kapal selam mini bisa memasang ranjau atau bahan peledak di jalur pipa,” tulis Spiegel.

Nord Stream 1 dan Nord Stream 2 keduanya tiba-tiba kehilangan tekanan pada Senin. Pihak berwenang Denmark melaporkan kebocoran gas dari Bornholm, sementara seismolog Swedia mencatat beberapa ledakan.

Operator pipa mengkonfirmasi beberapa saluran gas mengalami kerusakan yang "belum pernah terjadi sebelumnya" dan tidak mungkin untuk memperkirakan kapan, atau jika, layanan dapat dipulihkan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2344 seconds (11.97#12.26)