Kremlin: Ledakan Pipa Nord Stream Masalah Besar bagi Rusia

Kamis, 29 September 2022 - 03:16 WIB
loading...
A A A


Tanggapan Kremlin muncul setelah beberapa pejabat Eropa dan Kiev, termasuk penasihat Presiden Vladimir Zelensky, Mikhail Podolyak, menyatakan bahwa serangan terhadap pipa itu adalah operasi "false flag" yang dilakukan oleh Rusia untuk membuat Ukraina terlihat buruk dan untuk lebih mendorong harga energi naik di Uni Eropa.

Namun, setelah mantan Menlu Polandia secara terbuka berterima kasih kepada AS atas sabotase yang tampak di Twitter, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mendesak UE untuk memperlakukan AS sebagai kemungkinan penyebab di balik serangan terhadap jaringan pipa Nord Stream. Dia mengatakan Moskow akan menyerukan sidang Dewan Keamanan PBB atas insiden tersebut.

Sejumlah negara Barat telah berulang kali menentang jaringan pipa bawah laut Rusia yang mengirimkan gas ke Eropa, baik sebelum dan sesudah Moskow meluncurkan operasi militernya di Ukraina.

Jaringan pipa Nord Stream 2 yang baru-baru ini dibangun, yang tidak pernah beroperasi karena penolakan Jerman untuk mengesahkannya, telah menarik penentangan khusus dari negara-negara seperti AS dan Polandia, yang telah menyerukan agar pipa tersebut “dihapus total.”


(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)