Inikah Putri Kim Jong-un?

Sabtu, 24 September 2022 - 06:46 WIB
loading...
Inikah Putri Kim Jong-un?
Sejumlah ahli dari China percaya mereka telah melihat putri Kim Jong-un yang selama ini dirahasiakan untuk pertama kalinya. Foto/Daily Mail
A A A
SEOUL - Sejumlah ahli asal China percaya bahwa mereka untuk pertama kalinya telah melihat putri Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang selama ini dirahasiakan. Bocah tersebut tampak terlihat di sebuah acara nasional Korea Utara.

Gadis yang diduga anak Kim Jong-un itu - yang untuk sementara diidentifikasi sebagai Kim Ju-ae - muncul di panggung pada perayaan Hari Nasional Korea Utara awal bulan ini.

Dia adalah salah satu dari beberapa anak yang membawakan lagu untuk Kim Jong-un dan istrinya, Ri Sol-ju, tetapi sesuatu tentang dirinya secara khusus terlihat menonjol bagi para ahli.

Menulis dengan nama samaran Samhero, seorang analis di blog InDPRK mencatat bagaimana Ri Sol-ju menyentuh gadis khusus ini di akhir pertunjukan.

Dia meletakkan tangannya di punggung anak itu dan terlihat berbicara dengannya secara pribadi, hanya terputus ketika dia perlu memindahkan gadis lain dari jalan suaminya.

Dan ketika anak-anak lain berkerumun di sekitar Kim Jong-un, melompat kegirangan, dia tampak lebih tenang, bahkan meraih lengan gadis lain untuk menahannya ketika dia mengikutinya terlalu dekat.

Analis melihat petunjuk lebih lanjut selama pertunjukan itu sendiri: kamera berfokus padanya saat nyanyian dimulai, bertahan selama beberapa detik, sebelum kembali padanya lagi dan lagi.

Baca: PM Jepang Bersedia Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara

Sementara itu, penampilan lainnya juga menonjol. Dia adalah satu-satunya gadis yang rambutnya terurai, dan satu-satunya yang mengenakan kaus kaki putih.

Lebih jauh lagi, keluarga Kim sendiri tampak sangat tertarik dengan pertunjukan – pada satu titik kamera memotong langsung dari keluarga Kim yang terlihat berseri-seri ke close-up gadis itu.

Kadang-kadang, kita bahkan dapat melirik saudara perempuannya, Kim Yo-jong, yang tampaknya sedang menyeka air mata.

Ahli yang lain telah mencatat bahwa gadis itu tampil hanya sekali, ketika Kim Jong-un itu hadir. Ia tampak melewatkan pertunjukan pada malam berikutnya.

Michael Madden, seorang ahli Korea Utara, mengatakan putri Kim Jong-un akan seusia dengan gadis yang dimaksud.

"Dia akan berusia hampir sepuluh tahun pada tahun 2022 yang kira-kira seusia gadis yang ditampilkan dalam rekaman media pemerintah (Korea Utara)," katanya seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (24/9/2022)

Dia menambahkan bahwa Ri Sol-ju sendiri telah beberapa kali tampil di televisi sebelum dia diidentifikasi sebagai bagian dari keluarga pertama.

Baca: Korut Siap Luncurkan Serangan Nuklir Preemptive, Prancis Kesal

"Nyonya Ri muncul di televisi Korea Utara pada beberapa kesempatan sebagai penyanyi, terkadang sebagai solois, di konser," ujarnya.

"Penampilan ini terjadi sebelum identifikasi Juli 2012 sebagai istri Kim Jong-un," ia menambahkan.

Namun dia menekankan bahwa membuat putrinya terlalu terbuka dapat membawa risiko bagi Kim Jong-un.

"Ketika Kim Jong-un masih anak-anak dan remaja, dia dirahasiakan dari semua kecuali elit Korea Utara yang memiliki keluarga dekat atau hubungan pribadi dengan ayahnya," ujarnya.

"Elit Korea Utara tidak dapat berinteraksi dengan dia atau saudara-saudaranya tanpa persetujuan ayahnya," sambungnya.

"Potensi musuh di kalangan elit Korea Utara, jika mengetahui identitas anak-anak pemimpin, dapat menghadirkan kerentanan," ungkapnya.

"Alih-alih mengobarkan kudeta atau pemberontakan terhadap kepemimpinan politik, anak-anak bisa diculik atau dilukai sebagai sarana untuk mendapatkan pengaruh atas pemimpin," terangnya.

Baca: UU Baru Korut: Kim Jong-un Berhak Luncurkan Serangan Nuklir Preemptive

"Ini berlaku untuk Kim Jong-un ketika dia tumbuh dan bisa sangat baik berlaku untuk anak-anaknya sendiri,"ucapnya

"Dinamika ini mengurangi kemungkinan dia mengizinkan anak-anaknya tampil di televisi pemerintah, bahkan antara lain," dia menambahkan.

Madden, seorang pengamat dari The Stimson Center di Washington yang juga menjalankan situs web North Korea Leadership Watch, menjelaskan bahwa ada kemungkinan juga Kim Jong-un mempunyai lebih banyak anak.

Keberadaan Kim Ju-ae dikonfirmasi oleh bintang bola basket Dennis Rodman yang mengunjungi Kim Jong-un pada 2013, tetapi rumor tentang anaknya yang lain telah lama beredar.

"Rumor intelihen saat ini tentang anak-anak Kim Jong-un mengatakan bahwa ia memiliki tiga anak, dua putri dan satu putra," ungkap Madden.

"Konon, porsi informasi tentang anak-anaknya kontradiktif dan spekulatif," sambungnya.

"Beberapa informasi tentang anak-anak mereka berasal dari pengamatan foto-foto media pemerintah di mana Madame Ri tampak hamil," jelasnya.

Baca: Bikin Bingung Musuh, Kim Jong-un Bangun 8 Mansion Baru

Rezim penguasa Korea Utara terkenal bungkam tentang keluarga. Kim Jong-un sendiri baru diketahui oleh rekan senegaranya pada 2010, setahun sebelum kematian ayah dan pendahulunya, Kim Jong-il.

Ada juga spekulasi yang berkembang bahwa seorang wanita misterius yang terlihat mengikuti diktator baru-baru ini adalah saudara tirinya, Kim Sol-song.

(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1416 seconds (10.55#12.26)