Korban Tewas Banjir Dahsyat di Pakistan Mendekati Angka 1.500

Kamis, 15 September 2022 - 21:47 WIB
loading...
Korban Tewas Banjir Dahsyat di Pakistan Mendekati Angka 1.500
Korban tewas banjir dahsyat di Pakistan mendekati angkat 1.500 jiwa. Foto/Ilustrasi
A A A
ISLAMABAD - Menurut data banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya dan telah menenggelamkan sebagian besar wilayah Pakistan telah menewaskan hampir 1.500 orang, sementara pihak berwenang mengatakan ratusan ribu orang masih tidur di udara terbuka setelah bencana itu.

Otoritas Penanggulangan Bencana Nasional Pakistan, saat untuk pertama kalinya merilis jumlah total korban di seluruh negeri sejak 9 September, mengatakan pada hari Kamis (15/9/2022), penghitungan korban tewas mencapai 1.486.

Banjir, yang disebabkan oleh hujan monsun yang mencatat rekor dan pencairan gletser di pegunungan utara, telah berdampak pada 33 juta orang dari populasi 220 juta Pakistan. Banjir juga menyapu rumah, kendaraan, tanaman dan ternak dalam kerusakan yang diperkirakan mencapai USD30 miliar.

Ratusan ribu orang kehilangan tempat tinggal akibat banjir di provinsi Sindh selatan, dengan banyak yang tidur di tepi jalan raya layang untuk melindungi diri dari air.

Baca: Sekjen PBB Kunjungi Wilayah Pakistan yang Dilanda Banjir

"Kami telah membeli tenda dari semua produsen yang tersedia di Pakistan," kata kepala menteri Sindh Syed Murad Ali Shah dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari TRT World.

Namun, katanya, sepertiga dari tunawisma di Sindh bahkan tidak memiliki tenda untuk melindungi mereka.

"Penerbangan bantuan dari Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat tiba pada Kamis," kata Kementerian Luar Negeri Pakistan.

Awal pekan ini, Turki mengirim makanan, tenda, dan obat-obatan dengan 12 pesawat militer, empat kereta api, dan truk Bulan Sabit Merah Turki. PBB sedang menilai kebutuhan rekonstruksi.

Baca: PM Sharif: Setelah Banjir, Pakistan Terlihat Seperti Laut
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1768 seconds (10.101#12.26)