Apa yang Terjadi di Rusia Jika Presiden Vladimir Putin Tiba-tiba Meninggal?

Rabu, 14 September 2022 - 00:38 WIB
loading...
A A A
Tokoh oposisi paling terkenal, setidaknya di luar politik Rusia, adalah Alexey Navalny, yang dijatuhi hukuman sembilan tahun atas tuduhan penggelapan pada bulan Maret.

Tetapi bahkan jika dia bebas, popularitasnya yang sebenarnya di antara orang Rusia sederhana.

Yevgeny Roizman, tokoh oposisi lain yang terlihat yang pernah menjadi wali kota populer Yekaterinburg, baru-baru ini ditangkap dengan tuduhan mendiskreditkan angkatan bersenjata, yang dapat dihukum tiga tahun penjara.

Mungkin petunjuk untuk masa depan Rusia mungkin ada di Uzbekistan, bekas republik Soviet lainnya yang diperintah oleh mantan pejabat Soviet, Islam Karimov, dari era kemerdekaan pada 1991, hingga kematiannya pada 2016.

Selama waktu itu, Karimov memperpanjang masa kekuasaannya melalui pemilihan umum, referendum dan reformasi konstitusi yang dianggap oleh banyak orang sebagai kecurangan.

Keluarganya semakin kaya dan perbedaan pendapat ditekan.

Setelah kematiannya, media dan ekonomi menikmati lebih banyak kebebasan dan lusinan tahanan politik dibebaskan selama masa reformasi, tetapi sebaliknya banyak pejabat yang sama tetap berkuasa dan struktur pemerintahan tetap tidak berubah.

Namun, para ahli mengatakan ada harapan untuk Rusia yang lebih damai, bahkan jika peluang untuk demokrasi yang lebih besar sangat tipis.

“Sepertinya tidak akan ada orang yang lebih hawkish [setelah Putin], tetapi kita juga tidak boleh mengharapkan seorang liberal,” kata Galeotti.

“Yang terbaik yang bisa kita harapkan adalah seorang kleptokrat pragmatis yang menghargai bahwa perang itu buruk untuk bisnis dan dengan demikian akan memiliki alasan yang sangat mementingkan diri sendiri untuk mengurangi konfrontasi saat ini. Saat ini, orang-orang seperti Perdana Menteri Mikhail Mishustin atau Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin mungkin cocok dengan cetakan itu, tetapi itu tidak berarti mereka selalu mungkin untuk naik ke tampuk kekuasaan.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)