Apa yang Terjadi di Rusia Jika Presiden Vladimir Putin Tiba-tiba Meninggal?

Rabu, 14 September 2022 - 00:38 WIB
loading...
Apa yang Terjadi di Rusia Jika Presiden Vladimir Putin Tiba-tiba Meninggal?
Presiden Rusia Vladimir Putin. Belum jelas kandidat suksesor jika sesuatu yang buruk terjadi pada Presiden Putin. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Dalam beberapa bulan terakhir, kesehatan Presiden Rusia Vladimir Putin telah menjadi subjek banyak spekulasi, dengan klaim bahwa dia menderita kanker, parkinson, atau bahkan selamat dari upaya pembunuhan.

Namun sejauh ini, belum ada surat dokter resmi yang dikeluarkan.

“Dia bisa tetap berkuasa selama 10 tahun atau lebih jika dia mau, itu sangat tergantung pada keadaan,” kata analis politik Tatiana Stanovaya kepada Al Jazeera,Selasa (13/9/2022). “Saya tidak akan terlalu memperhatikan masalah kesehatannya.”

Jika presiden berusia 69 tahun itu meninggal atau meninggalkan jabatannya secara tiba-tiba, Dewan Federasi memiliki waktu 14 hari untuk mengadakan pemilihan presiden, dan jika tidak, Komisi Pemilihan Pusat akan melakukannya.



Sementara itu, Perdana Menteri Mikhail Mishustin akan menjadi pelaksana tugas (Plt) presiden. Namun, Mishustin tidak terlihat sangat dekat dengan Putin, atau kandidat yang kredibel untuk pemilihan apa pun.

Sebaliknya, Stanovaya percaya kepergian Putin akan meninggalkan kekosongan kekuasaan antara kepentingan bisnis, pejabat keamanan seperti Menteri Pertahanan Sergey Shoigu dan faksi elite lainnya.

“Jika sesuatu terjadi padanya besok, saya percaya bahwa sistem akan bertahan; Masih kokoh,” kata Stanovaya.

“Pasukan konservatif, siloviki [pejabat keamanan] akan mengambil inisiatif politik dan mengambil alih. Tetapi jika sesuatu terjadi pada Putin kemudian—satu tahun atau lebih—dalam kasus ini, risiko destabilisasi jauh lebih tinggi. Kita akan melihat pertikaian dan siloviki akan memiliki lebih sedikit kesempatan untuk mempertahankan inisiatif," paparnya.
"Tahun depan situasinya mungkin lebih berbeda dan sulit.”

Menurut laporan di media independen Rusia, anggota elite Rusia terkejut dan merasa cemas ketika Putin mengumumkan invasi Ukraina pada 24 Februari, menyatakan “operasi militer khusus” sebagai langkah yang diperlukan.

Konsolidasi patriotik berlangsung di minggu-minggu berikutnya karena ekonomi bertahan lebih kuat dari yang diharapkan.

Namun demikian, penolakan Putin untuk mengakui hubungan antara kesengsaraan ekonomi dan sanksi dilaporkan mengasingkan pejabat yang berpikiran bisnis, sementara yang lain mengkritiknya karena tidak cukup aktif berperang.

Menurut beberapa laporan, beberapa orang dalam Kremlin diam-diam mendiskusikan siapa yang mungkin datang setelah Putin.

Tapi Stanovaya mengatakan pembicaraan seperti itu tidak serius.

“Sebenarnya tidak ada yang tahu [siapa yang selanjutnya],” kata Stanovaya. “Jika seseorang, misalnya, mulai menulis Medvedev adalah penerusnya, itu dapat dilihat sebagai serangan politik terhadap [Wakil Ketua Dewan Keamana Rusia Dmitry] Medvedev, karena tidak ada yang ingin tampil sebagai penerus, karena itu membuat posisi Anda lebih rentan," imbuh dia.

Pakar keamanan Mark Galeotti mengatakan kepada Al Jazeera: “Sejujurnya sulit untuk melihat Putin segera pergi. Untuk semua kisah penyakit, tidak ada bukti bahwa dia sakit parah, dan mengingat betapa buruknya perang telah terjadi, saya tidak dapat melihat dia pensiun kecuali dia dipaksa pergi oleh orang-orang di sekitarnya."

“Tidak ada penerus yang jelas—tidak [bijaksana] untuk terlihat seolah-olah Anda mengikuti audisi untuk posisi yang tidak kosong," katanya.

Putin telah memimpin Rusia selama lebih dari 20 tahun, memimpin negara itu dari tahun 2000 hingga 2008, dan lagi dari 2012 hingga sekarang.

Di antara tahun-tahun itu, Dmitry Medvedev pernah memegang kursi kepresidenan, meskipun Putin, sebagai perdana menteri, adalah secara luas diyakini memegang kekuasaan sejati bahkan dalam periode itu.

Secara keseluruhan, politisi berusia 69 tahun, yang pada akhir Februari menyatakan invasi Rusia ke Ukraina sebagai "operasi militer khusus" yang diperlukan, telah menyamai 18 tahun kekuasaan pemimpin Soviet Leonid Brezhnev.

Masa jabatan Putin saat ini akan berakhir pada tahun 2024. Namun pada tahun 2020, konstitusi berubah, memungkinkan dia untuk mencalonkan diri untuk dua masa jabatan enam tahun lagi hingga tahun 2036—ketika dia akan berusia 86 tahun.

Menurut Stanovaya, jika ekonomi terus gagal dan ketidakpuasan publik tumbuh, faksi lain mungkin mencoba merebut kendali.

Tapi jurnalis Farida Rustamova, yang meliput politik Rusia dan intrik Kremlin, memperingatkan terhadap prediksi.

“Dalam kasus kematian presiden, tugas jatuh ke perdana menteri. Akankah Mishustin berhasil mempertahankan kekuasaan? Kami tidak punya cara untuk mengatakannya,” katanya kepada Al Jazeera melalui telepon.

“Kita dapat membicarakan hal-hal ini secara abstrak, tetapi kita tidak boleh mengandalkan pemikiran ini sebagai semacam ramalan," lanjut dia.

“Sangat sulit untuk membuat prediksi tentang negara-negara otoriter karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Tidak ada kekuatan politik alternatif di Rusia yang dapat kita bicarakan atau apa yang akan dilakukan oleh satu atau faksi lain.”

Dia menambahkan bahwa mereka yang menentang Putin dapat “hanya berfantasi".

“Cuci otak di Rusia ini sudah berlangsung sejak usia dini. Hanya ada reformasi dari atas ke bawah karena sistem Putin sudah ada terlalu lama, sudah diajarkan kepada seluruh generasi selama 20 tahun,” katanya.

Oposisi saat ini di Rusia tidak mungkin memenangkan pemilu pasca-Putin, karena pemerintah telah memangkas alternatif apa pun selama 20 tahun terakhir.

Di luar Partai Rusia Bersatu pendukung Putin, blok terkuat kedua adalah Partai Komunis yang pemimpinnya Gennady Zyuganov dianggap sebagai “oposisi sistemik” untuk memberikan ilusi demokrasi plural—Partai Komunis jarang menentang Putin.

Tokoh oposisi paling terkenal, setidaknya di luar politik Rusia, adalah Alexey Navalny, yang dijatuhi hukuman sembilan tahun atas tuduhan penggelapan pada bulan Maret.

Tetapi bahkan jika dia bebas, popularitasnya yang sebenarnya di antara orang Rusia sederhana.

Yevgeny Roizman, tokoh oposisi lain yang terlihat yang pernah menjadi wali kota populer Yekaterinburg, baru-baru ini ditangkap dengan tuduhan mendiskreditkan angkatan bersenjata, yang dapat dihukum tiga tahun penjara.

Mungkin petunjuk untuk masa depan Rusia mungkin ada di Uzbekistan, bekas republik Soviet lainnya yang diperintah oleh mantan pejabat Soviet, Islam Karimov, dari era kemerdekaan pada 1991, hingga kematiannya pada 2016.

Selama waktu itu, Karimov memperpanjang masa kekuasaannya melalui pemilihan umum, referendum dan reformasi konstitusi yang dianggap oleh banyak orang sebagai kecurangan.

Keluarganya semakin kaya dan perbedaan pendapat ditekan.

Setelah kematiannya, media dan ekonomi menikmati lebih banyak kebebasan dan lusinan tahanan politik dibebaskan selama masa reformasi, tetapi sebaliknya banyak pejabat yang sama tetap berkuasa dan struktur pemerintahan tetap tidak berubah.

Namun, para ahli mengatakan ada harapan untuk Rusia yang lebih damai, bahkan jika peluang untuk demokrasi yang lebih besar sangat tipis.

“Sepertinya tidak akan ada orang yang lebih hawkish [setelah Putin], tetapi kita juga tidak boleh mengharapkan seorang liberal,” kata Galeotti.

“Yang terbaik yang bisa kita harapkan adalah seorang kleptokrat pragmatis yang menghargai bahwa perang itu buruk untuk bisnis dan dengan demikian akan memiliki alasan yang sangat mementingkan diri sendiri untuk mengurangi konfrontasi saat ini. Saat ini, orang-orang seperti Perdana Menteri Mikhail Mishustin atau Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin mungkin cocok dengan cetakan itu, tetapi itu tidak berarti mereka selalu mungkin untuk naik ke tampuk kekuasaan.”

Stanovaya percaya bahwa "siloviki" mungkin berubah menjadi jauh lebih pragmatis.

"Putin benar-benar terobsesi dengan misi sejarahnya, dia sangat emosional tentang Ukraina," katanya.

“Mungkin lebih mudah bagi Barat untuk berurusan dengan siloviki karena ambisi mereka lebih rendah. Bahkan jika Rusia menjadi lebih anti-Barat, mungkin ada lebih banyak ruang untuk berurusan dengan Rusia.”

Tahun lalu, Putin mengatakan kepada rakyat Rusia: “Akan tiba saatnya ketika, saya harap, saya dapat mengatakan bahwa orang ini dan itu layak menurut pendapat saya untuk memimpin negara yang begitu indah seperti Rusia, tanah air kita.”

Ternyata, saat itu yang dimaksud Putin belum tiba.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)