Apa yang Terjadi di Rusia Jika Presiden Vladimir Putin Tiba-tiba Meninggal?

Rabu, 14 September 2022 - 00:38 WIB
loading...
A A A
Masa jabatan Putin saat ini akan berakhir pada tahun 2024. Namun pada tahun 2020, konstitusi berubah, memungkinkan dia untuk mencalonkan diri untuk dua masa jabatan enam tahun lagi hingga tahun 2036—ketika dia akan berusia 86 tahun.

Menurut Stanovaya, jika ekonomi terus gagal dan ketidakpuasan publik tumbuh, faksi lain mungkin mencoba merebut kendali.

Tapi jurnalis Farida Rustamova, yang meliput politik Rusia dan intrik Kremlin, memperingatkan terhadap prediksi.

“Dalam kasus kematian presiden, tugas jatuh ke perdana menteri. Akankah Mishustin berhasil mempertahankan kekuasaan? Kami tidak punya cara untuk mengatakannya,” katanya kepada Al Jazeera melalui telepon.

“Kita dapat membicarakan hal-hal ini secara abstrak, tetapi kita tidak boleh mengandalkan pemikiran ini sebagai semacam ramalan," lanjut dia.

“Sangat sulit untuk membuat prediksi tentang negara-negara otoriter karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Tidak ada kekuatan politik alternatif di Rusia yang dapat kita bicarakan atau apa yang akan dilakukan oleh satu atau faksi lain.”

Dia menambahkan bahwa mereka yang menentang Putin dapat “hanya berfantasi".

“Cuci otak di Rusia ini sudah berlangsung sejak usia dini. Hanya ada reformasi dari atas ke bawah karena sistem Putin sudah ada terlalu lama, sudah diajarkan kepada seluruh generasi selama 20 tahun,” katanya.

Oposisi saat ini di Rusia tidak mungkin memenangkan pemilu pasca-Putin, karena pemerintah telah memangkas alternatif apa pun selama 20 tahun terakhir.

Di luar Partai Rusia Bersatu pendukung Putin, blok terkuat kedua adalah Partai Komunis yang pemimpinnya Gennady Zyuganov dianggap sebagai “oposisi sistemik” untuk memberikan ilusi demokrasi plural—Partai Komunis jarang menentang Putin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)