Israel dan Arab Saudi, Bukan Lagi Musuh tapi Kurang Bersahabat

Senin, 05 September 2022 - 11:53 WIB
loading...
Israel dan Arab Saudi, Bukan Lagi Musuh tapi Kurang Bersahabat
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman yang menganggap Israel bukan musuh tapi sekutu potensial. Foto/SPA
A A A
TEL AVIV - Perdana menteri (PM) terlama Israel , Benjamin Netanyahu, muncul di televisi milik pemerintah Arab Saudi dari Tel Aviv.
Seorang warga Israel-Amerika menyatakan dirinya sebagai "kepala rabi Arab Saudi" setelah tiba dengan visa turis.

Sebuah keluarga Arab Saudi terkemuka berinvestasi di dua perusahaan Israel dan tidak repot-repot menyembunyikannya.

Semua peristiwa itu tidak terpikirkan sebelumnya, dan diulas Bloombergpada Minggu (4/9/2022)dalam laporan berjudul "Israel and Saudi Arabia: No Longer Enemies But Not Quite Friends [Israel dan Arab Saudi: Bukan Lagi Musuh Tapi Kurang Bersahabat]".

Hubungan rahasia atau klandestein antara Arab Saudi dan Israel sebelumnya semakin terlihat karena beberapa persaingan mendalam di Timur Tengah dengan hati-hati memberi jalan kepada hubungan ekonomi dan keamanan yang pragmatis.



Putra Mahkota yang juga pemimpin de facto Arab Saudi, Mohammed bin Salman, berusaha mempercepat rencananya untuk merombak ekonomi yang bergantung pada minyak, sementara Israel ingin membangun terobosan diplomatik tahun 2020 dengan negara-negara Teluk yang lebih kecil.

“Kami tidak memandang Israel sebagai musuh, melainkan sebagai sekutu potensial,” kata Pangeran Mohammed bin Salman awal tahun ini dalam penilaian ulang yang mencolok dari salah satu garis patahan paling penting di kawasan itu.

Selama beberapa dekade setelah pendirian Israel pada tahun 1948, Arab Saudi dan tetangganya di Teluk Arab menjauhi negara Yahudi itu dalam solidaritas dengan orang-orang Palestina yang diusir untuk mendirikannya.

Pikiran melakukan bisnis dengan Israel adalah kutukan. Bahkan hari ini, jajak pendapat menunjukkan sebagian besar di Teluk menentang menerima Israel hanya sebagai negara lain, menunjukkan perkembangan lebih berkaitan dengan agenda elite penguasa otokratis daripada perubahan besar dalam pandangan Arab.

“Ini lebih merupakan pencairan hubungan daripada pemanasan hubungan,” kata Abdulaziz Alghashian, seorang peneliti yang mempelajari kebijakan luar negeri Arab Saudi terhadap Israel. "Itu masih cukup signifikan."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)