Israel dan Arab Saudi, Bukan Lagi Musuh tapi Kurang Bersahabat

Senin, 05 September 2022 - 11:53 WIB
loading...
A A A
Yoel Guzansky, peneliti senior dalam politik Teluk di Israel’s Institute for National Security Studies, mengatakan akan menjadi kontraproduktif bagi Israel untuk mendorong Arab Saudi terlalu keras.

"Kenapa terlalu cepat?” katanya. "Anda benar-benar dapat merusak hubungan."

Lanskap politik AS adalah kendala lain, kata Alghashian, karena para pemimpin Arab Saudi menilai Biden tidak mungkin mengumpulkan keinginan untuk menawarkan pemanis yang mereka inginkan, termasuk jaminan keamanan.

Namun, pengusaha Amerika; Bruce Gurfein, termasuk di antara mereka yang bertaruh bahkan pembukaan bertahap saat ini akan baik untuk bisnis.

Gurfein, seorang Yahudi dan memiliki keluarga di Israel, baru-baru ini mengendarai White Nissan Armada dari markasnya di Dubai melewati Arab Saudi ke Yerusalem--perjalanan darat selama 26 jam yang ia lakukan selama seminggu, bertemu dengan pebisnis di sepanjang jalan.

Dia sedang mengerjakan akselerator bisnis bernama Future Gig, yang menghubungkan perusahaan rintisan Israel ke pasar Arab Saudi dan sebaliknya, dengan fokus pada energi terbarukan, kelangkaan air, dan pertanian gurun.

Neom, visi Putra Mahkota Arab Saudi untuk kawasan berteknologi tinggi di pantai Laut Merah yang berjarak 40 menit berkendara dari Israel, juga dapat memicu kolaborasi.

Pada podcast Arab yang populer, sosiolog politik Saudi Khalid AlDakhil baru-baru ini memaparkan idenya untuk memperkuat kerajaan, menyentuh energi nuklir dan militer--dan kemungkinan mitra, jika imbalannya sepadan.

“Sejujurnya kami perlu belajar dari Israel,” katanya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)