Takut Dipersekusi, Ribuan Orang Yahudi Tinggalkan Rusia

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 14:41 WIB
loading...
Takut Dipersekusi, Ribuan Orang Yahudi Tinggalkan Rusia
Takut dipersekusi, ribuan orang Yahudi tinggalkan Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rusia menghadapi migrasi massal populasi Yahudi ke luar negeri, dengan setidaknya satu dari delapan orang meninggalkan negara itu sejak perangnya dengan Ukraina dimulai.

Badan Yahudi membantu orang Yahudi di seluruh dunia pindah ke Israel. Dikatakan bahwa 20.500 dari total 165.000 orang Yahudi di Rusia telah pergi sejak Maret. Ribuan lainnya telah pindah ke negara lain.

Tidak diragukan lagi, momok historis penganiayaan Yahudi telah membayangi banyak orang yang menjadi bagian dari migrasi massal mendadak ini dan mereka yang masih berusaha keluar dari Rusia.

Di Moskow, telah ada upaya besar untuk mengembangkan komunitas Yahudi sejak jatuhnya Komunisme. Di antara mereka yang berada di garis depan adalah Pinchas Goldschmidt, kepala rabi kota itu sejak 1993.

"Kami mulai dari awal dengan sinagoga, sekolah, taman kanak-kanak, layanan sosial, guru, rabi dan anggota masyarakat," katanya tentang semangat yang diciptakan seperti dikutip dari BBC, Jumat (19/8/2022).

Namun baru dua minggu perang tahun ini, Rabi Goldschmidt dan keluarganya meninggalkan Rusia, pertama ke Hongaria dan kemudian ke Israel.

Dia kemudian mengundurkan diri dari posisinya dan berbicara menentang perang.



"Saya merasa bahwa saya harus melakukan sesuatu untuk menunjukkan pemisahan total dan ketidaksetujuan saya dengan invasi ke Ukraina ini, tetapi saya akan membahayakan diri saya sendiri jika saya melakukan itu dengan tinggal di Moskow," ujarnya.

Beberapa orang Yahudi Rusia mengkritiknya karena meninggalkan dan bersuara, khawatir itu akan berarti lebih banyak pengawasan terhadap komunitas Yahudi, tetapi Rabi Goldschmidt mengatakan sebagian besar mendukung.

"Saya menerima beberapa pesan yang mengatakan 'Bagaimana Anda bisa meninggalkan kami sendirian?' tapi saya akan mengatakan mayoritas besar sangat mendukung. Bukan konflik kecil untuk memutuskan apakah akan pergi, bagi saya dan istri saya komunitas adalah hidup kami," tuturnya.

Rabbi Goldschmidt mengatakan bahwa dengan tetap tinggal dan bersuara, komunitas itu bisa terancam punah.

Tapi sejak itu, sejumlah besar telah mengikuti jejaknya.

Banyak yang telah mengambil kesempatan untuk pergi ke Israel, di mana Hukum Pengembalian memberi siapa pun hak kewarganegaraan yang dapat membuktikan bahwa mereka memiliki setidaknya satu kakek Yahudi.

"Saya telah berpikir sedikit tentang mengapa ada terburu-buru untuk pergi karena kita tidak melihat gelombang besar anti-Semitisme," kata Anna Shternshis, Profesor studi Yiddish di University of Toronto dan spesialis dalam sejarah Yahudi di Rusia.



"Tapi kemudian memakai topi sejarawan saya, saya melihat bahwa setiap kali sesuatu terjadi di Rusia, beberapa pergolakan, beberapa perubahan, orang Yahudi selalu dalam bahaya," terangnya.

Dia menggambarkan bagaimana peristiwa sejarah Rusia menyebabkan kekerasan terhadap orang Yahudi, seperti revolusi, krisis ekonomi akhir abad ke-19 dan Perang Dunia Kedua.

"Tidak semua orang melakukannya, tetapi setiap orang Yahudi di Rusia hari ini memikirkan hal ini," ucapnya.

Shternshis sendiri lahir dan dibesarkan di Rusia. Dia mengatakan dia merasa sangat kecewa dengan cara orang Yahudi merasa, sekali lagi dalam sejarah dunia, bahwa betapapun mereka telah berkomitmen untuk membangun kehidupan di suatu tempat, hal itu bisa tiba-tiba diambil.

Seorang pria yang mencoba pergi diajak bicara oleh BBC mengaku merasa dia berada di posisi itu. Dia ingin diketahui dengan nama palsu, Alexander, karena takut akan konsekuensi berbicara karena dia masih di Moskow.

“Setelah 24 Februari, keluarga saya menyadari bahwa kami benar-benar menentang perang ini, tetapi kami tidak tahu bagaimana kami bisa memprotesnya. Salah satu anak saya berusia wajib militer, jadi itulah alasan lain kami ingin pergi,” ungkapnya.

Kesedihan tertangkap dalam suaranya karena harus berpikir untuk meninggalkan rumah dan negaranya terlalu jelas, dan dia berbicara tentang ketakutannya tidak dapat menemukan pekerjaan di luar negeri serta tidak memiliki tabungan dalam jumlah besar.



Tetapi seperti yang disarankan Shternshis, kecemasan Alexander tentang masa depan keluarganya di Rusia lebih dari sekadar menentang perang.

"Pihak berwenang di Rusia tidak dapat diprediksi dan mereka memiliki kecenderungan buruk; Yahudi menjadi salah satu target propaganda mereka, kami secara tradisional adalah cara yang baik untuk menemukan musuh internal. Kakek buyut dan kakek nenek saya menderita saat itu," katanya.

Alexander mengatakan dia hanya mengenal dua keluarga Yahudi lainnya dan bahwa komunitas tersebut bukanlah bagian besar dari hidupnya.

Tapi dia takut bahwa betapapun terintegrasinya dia, ini tidak akan menjadi masalah jika mood terhadap orang Yahudi berubah.

Dia telah mengajukan permohonan kewarganegaraan Israel dan akan diwawancarai dalam beberapa minggu mendatang.

Salah satu hal yang membuat Alexander khawatir adalah pernyataan niat Kremlin untuk menutup cabang Rusia dari Badan Yahudi.

"Tiba-tiba kami melihat itu di berita, dan kami bertanya-tanya apa selanjutnya? Kami merasa sangat tidak aman dan kami pikir kami bisa kehilangan pekerjaan, atau masuk penjara. Segalanya menjadi sangat menakutkan," ujarnya.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)