Swedia Galang Produksi Senjata untuk Ukraina, Libatkan 17 Negara

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 02:01 WIB
loading...
Swedia Galang Produksi Senjata untuk Ukraina, Libatkan 17 Negara
Menteri Pertahanan (Menhan) Swedia Peter Hultqvist mengunjungi pangkalan militer di Latvia, 13 April 2022. Foto/REUTERS
A A A
STOCKHOLM - Swedia dapat mulai memproduksi senjata untuk Ukraina demi membantu melawan serangan militer Rusia. Meski demikian, tidak ada keputusan akhir tentang masalah tersebut yang telah dibuat.

Menteri Pertahanan (Menhan) Swedia Peter Hultqvist mengungkapkan hal itu pada Kamis (11/8/2022).

Berbicara kepada penyiar Swedia SVT, Hultqvist menjelaskan tiga proyek utama yang bertujuan membantu Ukraina, yang diangkat pada konferensi donor internasional di Kopenhagen pada Kamis.

Konferensi itu dihadiri para menteri pertahanan dari 17 negara.



Menurut Hultqvist, negara-negara Barat bersiap menghadapi konflik jangka panjang di Ukraina, dan siap membantu negara itu dengan pelatihan militer, pembersihan ranjau, dan produksi senjata.

Acara donor juga melihat para menteri pertahanan setuju mengalokasikan tambahan 1,5 miliar euro (USD1,54 miliar) untuk bantuan militer ke Kiev.

Hultqvist bersikeras Ukraina harus dilatih untuk membersihkan ranjau yang ditanam pasukan Rusia, yang merupakan “masalah besar.”



Dia juga menyarankan lini produksi persenjataan, terutama sistem artileri, dapat dikerahkan di berbagai negara sehingga mereka dapat “memproduksi senjata dan mengirimkannya ke Ukraina secara langsung.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2064 seconds (0.1#10.140)