Penampakan Pangkalan Udara Rusia di Crimea Pasca Ledakan

Kamis, 11 Agustus 2022 - 23:00 WIB
loading...
Penampakan Pangkalan Udara Rusia di Crimea Pasca Ledakan
Pangkalan udara Rusia di Crimea mengalami kerusakan parah pasca dihantam ledakan dan sejumlah pesawat tempur hancur. Foto/BBC
A A A
WASHINGTON - Pangkalan udara Rusia di Crimea mengalami kerusakan yang cukup parah akibat ledakan yang terjadi di tempat itu beberapa hari lalu. Sejumlah pesawat tempur Rusia juga hancur.

Hal itu terlihat dari sejumlah foto satelit yang dikeluarkan oleh Planet Labs yang berbasis di Amerika Serikat (AS). Ini juga membantah penyangkalan Rusia bahwa salah satu pesawatnya rusak.

Pangkalan Udara Saky di barat Crimea yang dikuasai Rusia diguncang oleh serangkaian ledakan pada hari Selasa, menewaskan satu orang. Ukraina belum mengaku bertanggung jawab - tetapi bukti baru ini menunjukkan kemungkinan serangan yang ditargetkan.



Dikutip dari BBC, Kamis (11/8/2022), dalam foto tersebut terlihat landasan pacu pangkalan udara itu tampak utuh, tetapi setidaknya delapan pesawat tampak rusak atau hancur dengan beberapa kawah terlihat. Foto juga menunjukkan area luas bumi hangus yang tersisa dari kebakaran yang meletus.

Penampakan Pangkalan Udara Rusia di Crimea Pasca Ledakan

sumber:BBC

Penampakan Pangkalan Udara Rusia di Crimea Pasca Ledakan

sumber: BBC

Sebagian besar pesawat yang rusak atau hancur berada di area spesifik pangkalan di mana sejumlah besar pesawat diparkir di tempat terbuka - jauh dari penutup hanggar.

Dua jenis jet tempur, termasuk Su-24M, telah rusak akibat ledakan, bersama dengan dua bangunan di dekatnya.

Bagaimana pangkalan itu rusak, atau apa, masih belum dikonfirmasi.

William Alberque, dari lembaga think tank pertahanan IISS, mengatakan kepada BBC bahwa dua bangunan mungkin telah digunakan untuk menyimpan senjata sementara, dan akan menjadi sasaran dampak maksimum pada jet tempur yang diparkir di dekatnya.

Landasan pacu pangkalan, dan tempat penyimpanan senjata permanen yang terletak lebih jauh dari pesawat, tampaknya tidak tersentuh.

Alberque mengatakan kemungkinan bahwa amunisi tandan telah digunakan, tetapi Ukraina tidak memiliki jenis rudal yang diperlukan untuk melakukan serangan semacam ini.

Jika Ukraina bertanggung jawab, ia menduga mereka menggunakan rudal S-300 yang digunakan kembali, biasanya untuk serangan permukaan-ke-udara, atau rudal anti-kapal Neptunus.

Tapi Louise Jones, kepala intelijen di McKenzie Intelligence, mengatakan citra satelit tidak cukup meyakinkan.

Jika rudal darurat digunakan, Jones mengatakan tidak ada bukti bahwa mereka kehilangan target potensial.

"Menjadi seakurat itu pada kisaran itu dengan kemungkinan amunisi eksperimental tidak mungkin," ujarnya.

Skenario lain adalah operasi sabotase oleh pasukan khusus Ukraina atau kelompok paramiliter. Jones mengatakan ini bukan tidak mungkin, tapi sekali lagi sangat tidak mungkin.



Pilihan ketiga, tambahnya, adalah ledakan itu akibat kecelakaan seperti disebabkan oleh kebocoran bahan bakar, atau amunisi meledak di salah satu dari dua gudang penyimpanan.

Rusia sendiri menyalahkan ledakan itu pada opsi terakhir ini dan mengatakan aturan keselamatan kebakaran dilanggar di pangkalan.



Gambar sebelum dan sesudah dari Planet Labs, yang memantau ratusan umpan satelit di atas Ukraina, adalah konfirmasi independen pertama bahwa pangkalan itu mungkin telah rusak. Sampai saat ini, rincian tentang sejauh mana dampak ledakan masih langka.

Ukraina belum mengaku bertanggung jawab dan menteri pertahanannya menyatakan bahwa tentara Rusia yang ceroboh bisa disalahkan.

"Saya pikir orang-orang militer Rusia di pangkalan udara ini merusak aturan mereka yang sangat sederhana: jangan merokok di tempat-tempat berbahaya," kata Oleksiy Reznikov.

"Itu saja," tegasnya.

Angkatan udara Ukraina sebelumnya mengklaim sekitar selusin pesawat tempur Rusia hancur.

Sementara itu Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace, memberikan kesan fakta bahwa ada dua ledakan terpisah menunjukkan serangan daripada kecelakaan. Dia juga membela hak Ukraina untuk menargetkan Crimea.

"Sangat sah bagi Ukraina untuk mengambil kekuatan mematikan, jika perlu untuk mendapatkan kembali tidak hanya wilayahnya, tetapi juga untuk mendorong kembali penyerbunya," katanya kepada BBC.

Setiap serangan oleh Ukraina di dalam Crimea akan dilihat sebagai eskalasi perang. Rusia telah membunyikan peringatan bulan lalu ketika mantan Presiden Dmitry Medvedev mengancam bahwa "Hari Penghakiman akan segera menunggu" jika Ukraina menargetkan Crimea.

Crimea secara internasional diakui sebagai bagian dari Ukraina - tetapi semenanjung Laut Hitam itu dianeksasi oleh Rusia pada tahun 2014. Banyak orang Ukraina melihat ini sebagai awal perang mereka dengan Rusia.

Setelah ledakan hari Selasa, Presiden Volodymyr Zelensky mendedikasikan pidato malamnya untuk Crimea dan menyatakan bahwa dia yakin Ukraina harus merebut kembali semenanjung itu sebelum perang dapat berakhir.



Rusia mencaplok Crimea pada Maret 2014, setelah wilayah itu - yang memiliki mayoritas penduduk berbahasa Rusia - memilih untuk bergabung dengan Rusia dalam sebuah referendum yang dianggap ilegal oleh komunitas global.

Pemungutan suara itu diselenggarakan dengan tergesa-gesa setelah pasukan Rusia yang tidak bertanda mengambil alih beberapa lokasi strategis di sekitar semenanjung.

Aneksasi Rusia terjadi setelah presiden Ukraina yang didukung Rusia digulingkan setelah berbulan-bulan aksi protes pro-Eropa.

Pada 24 Februari tahun ini - delapan tahun setelah pencaplokan Crimea - Moskow meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina, menggunakan Crimea sebagai batu loncatan untuk memindahkan pasukan Rusia lebih dalam ke dalam Ukraina.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2276 seconds (0.1#10.140)