Zelensky Tuding Amnesty International Dukung Terorisme, Ini Alasannya

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 06:35 WIB
loading...
Zelensky Tuding Amnesty International Dukung Terorisme, Ini Alasannya
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Amnesty International berpihak pada "teroris" setelah organisasi itu mengutuk militer Ukraina karena menempatkan senjata di wilayah sipil yang melanggar hukum humaniter.

"Hari ini kami melihat laporan Amnesty International, yang sayangnya mencoba memberi amnesti kepada negara teroris dan mengalihkan tanggung jawab dari penyerang kepada korban," ungkap Zelensky dalam pidato video pada Kamis malam (4/8/2022).

“Jika seseorang membuat laporan yang menempatkan penyerang dan korban pada tingkat yang sama, ini tidak dapat ditoleransi,” tegas dia.



Dia mengulangi tiga kali bahwa “Ukraina adalah korban,” dan menambahkan, “Siapa pun yang meragukan ini adalah kaki tangan dari Rusia, negara teroris, dan teroris itu sendiri serta partisipan dalam pembunuhan.”

Laporan Amnesty tersebut diterbitkan sebelumnya pada Kamis, dan merinci 22 kasus pasukan Ukraina melancarkan serangan dari sekolah dan lima contoh pasukan yang menggunakan rumah sakit sebagai pangkalan.

Amnesti mengatakan "tidak menyadari" bahwa Ukraina mencoba mengevakuasi warga sipil sebelum menduduki lokasi non-militer ini.

“Kami telah mendokumentasikan pola pasukan Ukraina yang menempatkan warga sipil dalam risiko dan melanggar hukum perang ketika mereka beroperasi di daerah berpenduduk,” ujar Sekretaris Jenderal Amnesty International Agnes Callamard.

“Berada dalam posisi defensif tidak membebaskan militer Ukraina dari menghormati hukum humaniter internasional,” tegas dia.

Amnesty juga menuduh Rusia melanggar hukum internasional dalam melakukan operasi militernya.

Laporan itu dikecam secara online oleh para pendukung rezim Zelensky, yang menuduh organisasi internasional menjajakan “propaganda Rusia.”

Menteri Luar Negeri (Menlu) Ukraina Dmitry Kuleba juga menolak laporan tersebut, menuduh Amnesty "menciptakan realitas palsu" di mana setiap orang "bersalah untuk sesuatu."

Sebaliknya, dia berpendapat organisasi itu harus fokus secara eksklusif pada dugaan kesalahan Rusia.

Di tengah derasnya kritik dari poster media sosial pro-Ukraina, Callamard membela laporan tersebut.

"Kepada mereka yang menyerang kami dengan tuduhan bias terhadap Ukraina, saya katakan: periksa pekerjaan kami," tulis Callamard di Twitter.

“Kami mendukung semua korban. Tidak memihak,” tegas Callamard.

Dia juga menuduh “massa dan troll media sosial” di kedua sisi konflik menyebarkan “propaganda perang, disinformasi, (dan) informasi yang salah.”

Dalam pidatonya, Zelensky menuduh militer Rusia “menyerang peringatan untuk korban Holocaust” dan “di kamp tahanan perang di Yelenovka.”

Zelensky tampaknya mengacu pada serangan terhadap peringatan Holocaust pada Maret, yang benar-benar menghantam menara televisi di dekatnya.

Seorang jurnalis Israel menyatakan tugu peringatan itu sendiri tidak tersentuh.

Rusia menuduh Ukraina melancarkan serangan rudal ke fasilitas penahanan Yelenovka yang menampung anggota resimen neo-Nazi Azov pekan lalu, dan telah meminta PBB dan Palang Merah untuk menyelidiki serangan itu.

Pejabat Republik Rakyat Donetsk mengklaim fasilitas itu ditargetkan untuk mencegah para tahanan bersaksi tentang dugaan kejahatan perang Ukraina.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)