Menlu ASEAN Dorong Tindakan yang Lebih Keras pada Myanmar

Senin, 01 Agustus 2022 - 23:39 WIB
loading...
A A A
Di antara empat orang yang dieksekusi adalah Phyo Zeya Thaw, seorang rapper yang berubah menjadi anggota parlemen dari partai Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Aung San Suu Kyi dan aktivis politik veteran Kyaw Min Yu – lebih dikenal sebagai “Jimmy.”

Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan menyebut eksekusi tersebut sebagai “kemunduran besar” bagi upaya ASEAN untuk menyelesaikan krisis.



Sementara juru bicara Kementerian Luar Negeri Thailand Tanee Sangrat mengatakan langkah itu “memperburuk masalah Myanmar yang menjengkelkan.”

Tetapi beberapa anggota, yang dipimpin oleh Malaysia dan Filipina, ingin melarang rezim militer mengirim menteri ke semua pertemuan ASEAN—termasuk KTT November—sampai ada kemajuan dalam rencana lima poin tersebut.

“Orang-orang yang ditunjuk secara politik dari pemerintahan, terutama pemerintahan militer tidak diterima,” kata Asisten Menteri Luar Negeri Filipina untuk Urusan ASEAN, Daniel Espiritu.

Diplomat top Myanmar, Wunna Maung Lwin, tidak diundang ke Phnom Penh dan juga dikeluarkan dari retret menteri luar negeri pada Februari, sementara pemimpin junta Min Aung Hlaing dilecehkan pada pertemuan puncak para pemimpin tahun lalu.

“Bahkan Korea Utara diterima di forum ini tetapi junta Myanmar tidak… harus diakui betapa terisolasinya Myanmar, bahkan di lingkungannya,” kata Aaron Connelly, spesialis Asia Tenggara di Institut Internasional untuk Studi Strategis.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2025 seconds (0.1#10.140)