Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa Melarikan Diri ke Maladewa

Rabu, 13 Juli 2022 - 07:30 WIB
loading...
Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa Melarikan Diri ke Maladewa
Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa Melarikan Diri ke Maladewa. FOTO/NDTV
A A A
KOLOMBO - Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa dilaporkan terbang keluar dari negaranya ke Maladewa pada Rabu (13/7/2022) pagi. Ia melarikan diri ke Maladewa menjelang pengumuman pengunduran dirinya hari ini, setelah berbulan-bulan aksi protes yang meluas terhadap krisis ekonomi terburuk negara pulau itu.

Rajapaksa telah berjanji pada akhir pekan untuk mengundurkan diri pada Rabu dan membuka jalan bagi "transisi kekuasaan yang damai", setelah melarikan diri dari kediaman resminya di Kolombo tepat sebelum puluhan ribu pengunjuk rasa menyerbunya.



Sebagai presiden, Rajapaksa menikmati kekebalan dari penangkapan. Ia diyakini ingin pergi ke luar negeri sebelum mengundurkan diri untuk menghindari kemungkinan ditahan. Rajapaksa, istri dan seorang pengawalnya termasuk di antara empat penumpang di pesawat militer Antonov-32 yang lepas landas dari bandara internasional utama menuju Maladewa, menurut sumber imigrasi.

"Paspor mereka dicap dan mereka naik pesawat khusus angkatan udara," kata seorang pejabat imigrasi yang terlibat dalam proses itu kepada AFP.

“Setibanya di Maladewa mereka dibawa ke lokasi yang dirahasiakan di bawah pengawalan polisi,” kata seorang pejabat bandara di Male.



Kepergian pemimpin berusia 73 tahun yang pernah dikenal sebagai 'The Terminator' itu telah terhambat selama lebih dari 24 jam akibat perselisihan dengan petugas imigrasi Sri Lanka di bandara.

Sebelumnya, Rajapaksa dilaporkan ingin terbang ke Dubai dengan penerbangan komersial, tetapi staf di Bandaranaike International menarik diri dari layanan VIP dan bersikeras bahwa semua penumpang harus melalui loket umum.

Partai kepresidenan enggan mengomentari hal ini melalui saluran reguler karena takut akan reaksi publik, kata seorang pejabat keamanan. Akibatnya, Rajapaksa tertinggal empat penerbangan pada Senin (12/7/2022) yang bisa membawa mereka ke Uni Emirat Arab.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)