Profil Geert Wilders, Penghina Nabi Muhammad dari Belanda

Senin, 04 Juli 2022 - 16:00 WIB
loading...
A A A
Barulah pada 1997, ia terpilih menjadi anggota Dewan Kota Utrecht sebagai anggota Partai Rakyat untuk Kebebasan dan Demokrasi (Volkspartij voor Vrijheid en Demokratie atau VVD). Satu tahun setelahnya, Wilders terpilih menjadi anggota parlemen.

Awalnya ketika terpilih sebagai anggota parlemen, karier Wilders tidak terlalu menonjol. Namun pada awal 2000-an, banyak berkembang pemikiran terhadap anti-Islam di Belanda, yang kemudian menjadi kesempatan bagi Wilders untuk menyebarkan pahamnya.

Ia lantas mendapat banyak dukungan ketika menyatakan bahwa Islam merupakan "ideologi fasis". Selain itu, ia juga menyerukan pembatasan imigrasi Muslim ke Belanda.

Sejumlah aksi kontroversial yang dilancarkan Wilders, mendapat banyak kecaman. Di antaranya pada tahun 2007, ia mengusulkan larangan Al-Qur'an di Belanda.

Di tahun 2008, ia membuat film berjudul Fitna yang menghubungkan bagian-bagian dari Al-Qur'an dengan gambar grafis dari serangan teroris Islam.

Film ini tidak didukung oleh distributor komersial, namun Wilders tetap merilis film tersebut di internet.

Wilders pernah ditegur pengadilan Belanda atas tuduhan menghasut kebencian terhadap Muslim. Namun, pengadilan tersebut berakhir dengan pembebasan dirinya dari semua tuduhan, pada Juni 2011.

Hingga saat ini, Geert Wilders masih aktif berkiprah di dunia politik Belanda maupun internasional.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)